Usai Ndalang di California university, Kedatangan Duta Wayang KRT Ki Gunarto Gunodipuro Disambut Pangarso KH DKI, KRA MULYATNO PRAWIRODININGRAT SH MH Dan Pengurus KH DKI


Usai Ndalang di California university, Kedatangan Duta Wayang KRT Ki Gunarto Gunodipuro Disambut Pangarso KH DKI, KRA MULYATNO PRAWIRODININGRAT SH MH Dan Pengurus KH DKI

Usai tampil sebagai Duta Seni Budaya dengan menampilkan Kesenian Tradisi Indonesia, Wayang Kulit di di Gedung HERTZ HALL Universitas California Berkeley Amerika Serikat. saat sampai di Bandara Soekarno-Hatta, Dalang Millenial Kanjeng Raden Tumenggung Ki Gunarto Gunodipuro SH.MM yang juga Keluar besar Kusumo Hondrowino DKI Jakarta disambut oleh Pangarso Kusumo Hondrowino DKI Jakarta, KRA MULYATNO PRAWIRODININGRAT SH MH bersama pengurus KH DKI JAKARTA lainnya.

Dimana KRT. Ki H Gunarto Gunodipuro. SH. MM Dalang Millenial Duta Budaya Eropa dan Jepang tersebut pada Tgl.21 Desember 2022 berkenan tampil sebagai Duta Budaya mendapat undangan Ndalang di Amerika Serikat. Yaitu dari Sarah Maxim PhD Vice Chair Universitas California Berkeley USA.

Dimana Universitas California punya jurusan gamelan dan musik Tradisional Jawa, juga punya gamelan 2 pangkon  jenis slendro dan pelog. Saat akan menampilkan seni pagelaran wayang kulit, tetapi tidak punya Dalang. Akhirnya jatuh pilihan kepada sang Dalang maestro salto sawengi ping seket KRT. Ki H Gunarto Gunodipuro. SH.MM.



Pentas kali ini dengan bahasa Inggris, Dan KRT. Ki H Gunarto Gunodipuro sangat fasih dilakoni dengan piawai oleh sang Dalang, dengan lakon Kisah Cinta Rama dan Shinta, pada hari Minggu 16 April 2024 digedung HERTZ HALL Universitas California Berkeley Amerika Serikat.

Pergelaran Wayang Milenial Jakarta ini begitu memukau para mahasiswa-mahasiswi yang kuliah dari berbagai negara. "Saya sangat bangga melakukan misi budaya sampai kenegeri Paman Sam, jadi menambah kiprah Ndalang saya kemanca negara, ungkap KRT. Ki H Gunarto Gunodipuro. SH.MM pada jajaran KH DKI JAKARTA.




Undangan tampil di Amerika Serikat tersebut adalah suatu kehormatan bagi saya dan didukung penuh oleh Dirjen kementrian budaya & pariwisata. Kiranya budaya adiluhung Nusantara ini lebih lagi diminati masyarakat mancanegara." tegasnya.

Kami bersyukur bahwa pergelaran Wayang Kulit mendapat sambutan yang luar biasa, dimana seluruh tiket habis terjual dan pihak Universitas California merencanakan akan kembali mengundang, semoga Wayang Kulit semakin mendunia, tegas KRT. Ki H Gunarto Gunodipuro.

Sementara Pangarso Kusumo Hondrowino DKI Jakarta, KRA Mulyatno Prawirodiningrat, SH MH juga mengaku bersyukur, dimana KRT Ki Gunarto Gunodipuro merupakan salah satu Dalang dari KH DKI Jakarta yang terus berkiprah melestarikan dan mengembangkan Seni Wayang Kulit di dalam maupun di luar negri, Wayang Milenial Jakarta ini, dikemas oleh KRT Ki Gunarto dengan apik, sehingga kaum muda atau mahasiswa di Universitas California gemar menikmati sampai tuntas pagelaran.

Alhamdulillah Dalang dari Kusumo Hondrowino DKI Jakarta telah sukses menjalankan misinya sebagai Duta Budaya Wayang Kulit ke Universitas California dan hari ini sudah tiba di tanah air , dan kedepan kita berharap Wayang bisa kita kumandangkan. Bukan saja di Amerika tetapi ke negara lain, Ungkap KRA Mulyatno Prawirodiningrat. ,(RT Wartadipuro)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA