Lebaran Betawi 2013 Meriah, Jakpus Juara I

Lebaran Betawi yang digelar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama BAMUS Betawi, sebagai bagian dari pembinaan dan pengembangan budaya Betawi di Provinsi DKI Jakarta ini, tahun demi tahun semakin memperoleh sambutan warga Jakarta, khususnya warga Betawi, bahkan kegiatan yang digelar selama 2 hari tersebut, Gubernur Jokowi meminta agar kegiatan seperti ini bisa digelar selama sepekan.

Jokowi yang mengenakan pakaian khas Betawi Ujung Serong tersebut, disambut dengan tradisi palang pintu kemudian menuju panggung utama, berbagai kesenian asli betawi juga disuguhkan oleh Dinas Parbud DKI serta Sudin Kebudayaan dari 5 Wilayah Kota,  Acara itu diawali dengan tausiyah, dilanjutkan dengan Sambutan Gubernur dan silaturahim dengan para walikota dan bupati. Dimana setiap wilayahnya, memberikan hantaran khas dari masing-masing wilayah.

Usai menerima hantaran tersebut, Jokowi mengatakan, Lebaran Betawi adalah sebuah acara yang merupakan identitas, karakter dan akar dari Jakarta. Yang harus dilestarikan, dikembangkan kelangsungannya bagi generasi muda nantinya. "Jadi budaya Betawi yang harus dilestarikan, dikembangkan, dari acara seperti ini kita jadi ngerti masih banyak makanan-makanan khas dan budaya kita, yang mungkin banyak yang nggak tahu," kata Jokowi.

Dalam acara yang dibuka oleh Wagub Basuki Cahaya Purnama (Ahok) tersebut juga dilakukan penilaian, bangunan Kampoeng Walikota Jakarta Pusat yang tertata sejuk, rapi dan indah bernuansa Betawi, serta didukung panggung kesenian yang menyuguhkan aneka Seni Budaya Betawi, mulai dari Tari Betawi, Musik Gambang Kromong, Sambutan Ondel-ondel, Musik Samrah serta kesenian lain, meraih juara pertama, dan hadiahnya diserahkan langsung oleh Gubernur Jokowi seusai seserahan dan diterima langsung oleh Walikota Jakpus H Saefullah didampingi Hj Rosmiati Saefullah.

Ketua penyelenggara Lebaran Betawi yang juga Bupati Kabupaten Kepulauan Seribu Drs Asep Syarifudin, MSi mengakui waktu itu Lebaran Betawi akan digelar di Kepulauan Seribu, namun karena kondisi cuaca kurang mendukung akhirnya dialihkan ke Monas, karena lokasi disini sangat mendukung dan mudah diakses dengan transportasi umum maupun pribadi, dan dirinya berharap untuk tahun2 berikutnya, Lebaran Betawi juga bisa digelar di Monas sehingga partisipasi akan terus meningkat, harapnya.

Sementara disela acara tersebut,  Ketua Umum Bamus Betawi, H Zainuddin atau yang lebih dikenal H Oding pada wartawan mengaku bersyukur dengan suksesnya kegiatan Lebaran Betawi kali ini, dimana seluruh warga Jakarta turut memeriahkan kegiatan tahunan Bamus Betawi bersama Pemda DKI ini, sehingga warga Jakarta akan semakin cinta Budaya Betawi serta Kuliner Betawi.

Sekjen Bamus Betawi yang juga Pimpinan YPI As Sa’adah H Munir Arsyad, juga menegaskan, bahwa Bamus Betawi mendukung penuh ajakan Gubernur Jokowi yang akan menjadikan Monas sebagai tempat kegiatan Lebaran Betawi di tahun berikutnya, serta menggelar kegatan selama sepekan, sehingga akan lebih banyak lagi warga Jakarta maupun masyarakat luar Jakarta termasuk Turis Mancanegara yang turut serta memeriahkan Lebaran Betawi seperti ini, sehingga mereka akan semakin mengenal aneka Seni Budaya, Tradisi dan Kuliner Betawi, tegas H Munir Arsyad, yang juga Caleg DPRD DKI Partai Golkar Dapil Jakarta V, nomor urut 4 ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA