Jakarta Museum Day Festival, Ahok Kunjungi Passer Ikan Fair 2014

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama membuka kegiatan Jakarta Museum Day Festival (JMDF) 2014 di Taman Fatahillah,  Kawasan Kota Tua. Kegiatan kunjungan museum diawali dari Pembukaan kegiatan Passer Ikan Fair 2014,  di areal Menara Syahbandar di kompleks Museum Bahari dan dilanjutkan ke stan Museum Day Festival di halaman Museum Fatahilah Kota Tua.

Kunjungannya dalam kegiatan Passer Ikan Fair 2014,  Ahok yang juga didampingi Wakadis Pariwisata dan Kebudayaan Dr Tinia Budiarti serta Kepala Museum Bahari, Dahlan S.Sn. meskipun tidak memberikan sambutan resmi, namun Ahok banyak berdialog dengan pengrajin serta warga disekitar Museum Bahari.

Bazaar produk kerajinan seperti membuat miniature Kapal Pinisi yang dibuat pengrajin dari limbah yang diambil dari Sungai, Wagub yang saat ini menjabat Plt Gubernur DKI Jakarta tersebut tertarik untuk memesan miniature kapal tersebut,  untuk suvenir tamu dilingkungan Pemprov DKI,  namun harus di kemas yang lebih baik lagi, pintanya.

Koleksi Museum Bahari maupun koleksi Museum Wayang yang ditampilkan dalam kegiatan Pekan Museum Bahari tersebut juga memperoleh apresiasi  dari Plt Gubernur DKI Jakarta, Kepala Upt Museum Wayang yang juga Plt Kepala Museum Bahari, Dahlan S.Sn menegaskan, bahwa kegiatan Passer Ikan Fair 2014 yang digelar secara rutin tiap tahun ini, sebagai upaya untuk memeriahkan HUT Kota Jakarta yang ke 487, serta meningkatkan kecintaan masyarakat pada Museum, sehingga Museum menjadi salahsatu obyek wisata pilihan di Ibukota Jakarta ini, sekaligus sebagai edukasi pada masyarakat luas.

Passer Ikan Fair ini digelar juga untuk membangun potensi wisata bahari serta sejarah tentang kawasan pelabuhan Sunda Kelapa, yang merupakan cikal bakal Kota Jakarta, Museum Bahari kembali menggelar acara Pasar Ikan Fair yang keempat, acara kali ini disamping menampilkan pameran berupa benda benda bersejarah, juga ditampilkan miniatur tentang kejayaan leluhur di bidang maritim, serta rekonstruksi pertempuran Fatahillah melawan penjajah Portugis, papar Dahlan.

Sementara dalam sambutannya saat membuka Jakarta Museum Day Festival, Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, juga menyinggung pengelolaan museum. Ahok meminta pada seluruh Kepala Museum agar menjaga koleksi Museum dengan baik, jangan sampai ada barang yang sudah tua diganti dengan barang baru atau tiruan, karena koleksi museum yang usianya semakin tua maka nilainya juga semakin mahal, "Sekali lagi saya harap antarmuseum tolong saling kerja sama sesuai dengan tema (kegiatan) kita ini. Harus terkoneksi koleksi museum, jangan sampai orang jual atau lelang. Museum harus dipasang betul-betul CCTV pengamanan yang baik”, pinta Ahok.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA