Mpok Nori dan Opik Kumis Meriahkan Pergelaran BLK Jakpus

Iringan musik Gambang Kromong terus berkumandang seakan memanggil warga Tanah Abang yang tinggal disekitar Balai Latihan Kerja (BLK) Jakarta Pusat, merekapun berbaur ditengah tamu undangan untuk bersama-sama menyaksikan Pertunjukan Kesenian Terpilih hasil pelatihan di Balai Latihan Kesenian Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Tepuk tangan seringkali dilontarkan pada penampilan Seniman Lenong Betawi Mpok Nori, Jaya Noim, Opik Kumis yang turut tampil memeriahkan tampilan Teater Tradisional Betawi tersebut, dari raut muka pengunjung yang penuh senyum, seakan menggambarkan kegembiraan, dengan pertunjukan yang digelar di halaman BLK Jakarta Pusat, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Tinia Budiarti.

Dalam sambutannya, Kepala Upt BLK Jakpus, Dra Roosdiana Rachman, menjelaskan, bahwa Pergelaran Kesenian Terpilih ini merupakan penampilan hasil pelatihan yang digelar di BLK Jakpus tahun ini, untuk memberikan kesempatan para pelaku seni, untuk terus berkreasi, serta memberikan apresiasi masyarakat mengenai kesenian Betawi,sehingga masyarakat ikut termotivasi untuk melestarikan kesenian daerah sendiri.
Beberapa jenis Kesenian yang ditampilkan diantaranya, Seni Tari Betawi, Seni Musik Tradisi, Seni Musik Marawis, Gambang Kromong, Nasyid serta Teater Tradisional Betawi. Pergelaran hasil pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas seni bagi para pelaku seni, untuk terus berkreasi, papar Roosdiana.

Wakil Kepala Disparbud DKI, Tinia Budiarti saat membuka acara tersebut juga mengaku sangat mendukung upaya BLK Jakpus yang terus memberikan perlatihan pada para pelaku seni maupun Guru, hal tersebut guna terus menggali,melestarikan dan mengembangkan budaya masyarakat, khususnya seni Budaya Betawi, sehingga kedepan beberapa jenis Kesenian Betawi yang telah dikembangkan di BLK dapat semakin berkembang diwilayah Jakarta Pusat ini, pintanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA