400 Anggota Pramuka Dikerahkan Bantu Pemudik

Untuk membantu mengatur para pemudik dan arus lalu lintas selama musim mudik Lebaran, sebanyak 400 personel Praja Muda Karana (Pramuka) Penegak dikerahkan di 16 titik, baik di terminal, stasiun, pelabuhan, dan bandara. Ratusan anggota Pramuka tersebut dilepas langsung oleh Asisten Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Kakwarda Kak Yudi, Wakakwarda DKI Kak Firmansyah, Kakwarcab Jaktim Kak Ibnu Hadjar serta jajaran Kwarda DKI, beberapa hari lalu.

disela acara tersebut Kakwarcab Jaktim Kak Ibnu Hadjar pada wartawanmenjelaskan,  Pramuka memang memiliki peran yang penting dalam membantu petugas di lapangan untuk mengatur arus mudik. Karena itu, Pramuka memiliki peranan yang strategis untuk menjadikan kota Jakarta lebih tertib dan nyaman. "Dengan adanya bantuan dari Pramuka, maka keamanan dan kenyamanan para pemudik dapat terjaga dengan baik," ujarnya.

pada para anggota Pramuka kita berpesan, agar menjunjung tinggi Dasa Dharma Pramuka. Terlebih, dalam aplikasinya untuk membantu para pemudik. "Saya harap para anggota Pramuka yang bertugas memiliki mental serta berbudi pekerti yang baik. Terutama dalam membantu para penumpang orang tua yang membawa banyak barang-barang keperluannya," tandasnya

Wakil Ketua Kwartir Daerah Provinsi DKI Jakarta, Kak Firmansyah  menambahkan, sebanyak 400 personel Pramuka itu bertugas di lima wilayah ibu kota. Dan yang paling banyak di wilayah Jaktim. Sebab, Jaktim memiliki empat titik lokasi pemberangkatan penumpang, yaitu Stasiun Jatinegara, Terminal Kampungrambutan, Pulogadung, dan Rawamangun. Karenanya, jumlah personel Pramuka yang diterjunkan di Jaktim sebanyak 100 orang.

Sedangkan di wilayah Jakarta Pusat dikerahkan 50 personel untuk menjaga dua lokasi pemberangkatan, yaitu Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir. Sedangkan di Jakarta Selatan dikerahkan 30 orang untuk ditempatkan di Terminal Bus Lebakbulus. Kemudian di Jakarta Barat dikerahkan 40 personel di Terminal Kalideres dan Terminal Grogol. Untuk Jakarta Utara dikerahkan 50 personel untuk dua titik, yaitu Pelabuhan Tanjungpriok dan Terminal Tanjungpriok.

"Sementara sisa personel yang ada akan bertugas di beberapa lokasi seperti Terminal Bus Damri di Kemayoran, Pinangranti, dan terminal lainnya. Anggota Pramuka sengaja kami kerahkan untuk mengantisipasi membludaknya arus mudik Lebaran tahun ini. Dengan harapan dapat membantu para calon pemudik," tegas Kak Firmansyah

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA