Ketua Mabida DKI Ir. H Joko Widodo, Kukuhkan Pengurus Kwarda Provinsi DKI Jakarta

Bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (19/2), Sebanyak 42 Pengurus Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) DKI Jakarta, dilantik oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kwartir DKI Jakarta, Ir. H Joko Widodo (Jokowi). Pengukuhan Pengurus Kwarda yang dihadiri ribuan Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak tersebut juga dihadiri para pejabat dilingkungan Provinsi DKI Jakarta, yang juga secara struktur adalah bagian dari Majelis Pembimbing Daerah, Mabicab, Mabiran hingga Mabisa.

Dalam pesannya Kamabida H Jokowi berharap, Pengurus Kwarda DKI yang baru dilantik diharapkan segera melaksanakan amanahnya. Jokowi juga menitipkan, pramuka sebagai wadah untuk membentuk kader bangsa, membangun karakter anak supaya mempunyai wawasan kebangsaan, sehingga dari Pramuka ini, akan lahir calon pemimpin-pemimpin baik di tingkat RT, RW, Lurah, Camat, Walikota, Gubernur hingga Presiden.

Selanjutnya Beliau berpesan, bahwa saat ini persaingan tidak hanya di antara kita, antar daerah, atau antar sekolah. Akan tetapi sudah merambah antar negara. Bahkan mulai tahun 2015 sudah dibuka perdagangan bebas di tingkat asia. Sehingga banga ini harus siap, tegas Jokowi.

Sekretaris Mabida DKI yang juga Kadisorda DKI, H Ratiyono juga menegaskan, bahwa Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Mabida maupun Pengurus Kwarda DKI Jakarta ini, merupakan momen yang sangat penting, bahwa dengan telah terbentuknya Pengurus Majelis Pembimbing Daerah dibawah binaan bapak Jokowi, serta Pengurus Kwarda DKI dibawah pimpinan Kak Silviana Murni ini, ada aura baru dalam memajukan Kepramukaan di Provinsi DKI Jakarta ini.

Disamping itu Kepengurusan yang baru juga akan bekerja keras meningkatkan pendidikan karakter anak sejak usia dini hingga SMA/K, kita ingin Jakarta bisa menjadi barometer bagi daerah lain dalam pendidikan karakter anak didik, serta Kepramukaan di DKI Jakarta akan lebih maju daripada Kepramukaan di Provinsi lain, dimana dalam Kepramukaan diajarkan untuk saling menghargai serta saling menghormati satu sama lain dan Rela Menolong, sehingga jangan ada lagi orang yang saling mengejek dan mencemooh orang lain, setiap orang ada kekurangan dan ada kelebihan, sehingga masyarakat dan bangsa ini tidak saling menjatuhkan atau menjelekkan, mari bangun bersama karakter bangsa Indonesia sebagai bangsa yang bermartabat, berbudaya dan berbudi pekerti luhur, pinta Kak Ratiyono.

Waka Mabicab Jaktim yang juga Kasudin Dikdas Kota Administrasi Jaktim, Kak H Nasruddin MPd juga menambahkan, sebagaimana UU Kepramukaan serta UU Sisdiknas, bahwa Pramuka adalah Ekstrakurikuler Wajib diseluruh Sekolah dan masuk dalam Kurikulum Pendidikan, hal tersebut juga harus didukung dengan peraturan lain maupun Sumber Daya Manusia yang baik dibidang Kepramukaan, oleh sebab itu Sudin Dikdas Kota Administrasi Jakarta Timur sudah mengeluarkan Surat Edaran pada seluruh sekolah, agar tiap hari Rabu seluruh siswa berpakaian Pramuka.

Disamping itu Sudin Dikdas juga terus mendorong pada seluruh sekolah agar meningkatkan kompetensi Pembina Pramuka untuk mengikuti Kursus Mahir Dasar serta Mahir Lanjutan, dan kita juga mendorong seluruh Kepala Sekolah sebagai Kamabigus, agar memahami Kepramukaan dan mampu menggerakkan Pramuka di Gusus Depan masing-masing.

Saat disinggung akan Pengukuhan Pengurus Kwarda DKI yang baru ini, Kak Nasruddin juga menegaskan, bahwa untuk mensukseskan acara ini, Kwarcab Jakarta Timur menurunkan 2.200 Pramuka Penggalang dan Penegak serta Pembina, mereka juga mengisi pertunjukan dihadapan seluruh peserta Upacara Pelantikan, Kepramukaan Jakarta Timur akan terus berkreativitas dalam  pembinaannya, sehingga Pendidikan Pramuka sebagai sarana pendidikan Karakter anak didik akan semakin berkembang dan digemari di sekolah-sekolah, tegasnya. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA