KOMANDAN SATLINLAMIL 2 SURABAYA KUKUHKAN JABATAN KOMANDAN KRI TELUK PARIGI 539


KOMANDAN SATLINLAMIL 2 SURABAYA KUKUHKAN
JABATAN KOMANDAN KRI TELUK PARIGI 539

Jakarta, 28 Oktober 2020 ------- Satya Wira Jala Dharma. Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 2 Surabaya Kolonel Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar mengukuhkan pejabat Komandan KRI Teluk Parigi 539 yang baru Letkol Laut (P) Letkol Laut (P) Benedictus Hery Murwanto, S.H dalam upacara pengukuhan yang berlangsung di Geladak KRI Tanjung Parigi 539 yang sandar di Dermaga Semampir, Surabaya, Selasa (27/10).

KRI Teluk Parigi 539 merupakan kapal perang jenis Landing Ship Tank (LST) yang berada dibawah pembinaan Satlinlamil 2 Surabaya.

Letkol Laut (P) Benedictus Hery Murwanto, S.H, adalah alumni Akademi Angkatan Laut tahun 2002 angkatan 48 yang sebelumnya menjabat sebagai Perwira Pelaksana (Palaksa) KRI Banda Aceh 593.

Pamen yang menyelesaikan pendidikan Sesko-nya di Jerman ini banyak bertugas dikapal perang  lingkungan Koarmada II (dulu Koarmatim) dan pernah menjabat Komandan KRI Cucut 886 yang berada dibawah kendali Satrol Lantamal III Jakarta.

Dansatlinlamil 2 Surabaya Kolonel Laut (P) Kolonel Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar mengatakan pergantian pejabat dan pengalihan penugasan dalam suatu organisasi khususnya organisasi militer merupakan suatu hal yang sangat wajar. Demikian pula halnya dengan kehidupan organisasi TNI Angkatan Laut.

Pergantian Komandan, khususnya komandan KRI mutlak dilaksanakan untuk mengantisipasi dinamika, situasi dan kondisi yang berkembang saat ini.

“Dengan adanya pengukuhan jabatan Komandan KRI Teluk Parigi 539 yang baru ini diharapkan akan tumbuh semangat baru di lingkungan Kolinlamil serta munculnya ide-ide dan pemikiran kreatif serta inovatif sehingga kinerja Kolinlamil ke depan akan semakin meningkat,” katanya.

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) menegaskan sejalan dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul, maka Kolinlamil akan selektif dalam menempatkan perwira-perwira untuk menjadi Komandan KRI khususnya unsur KRI Kolinlamil.

KRI Teluk Parigi 539 merupakan kapal kesembilan dari kapal perang jenis kapal pendarat kelas Teluk Gilimanuk milik TNI AL.

 KRI Teluk Parigi memiliki berat 1,900 ton dengan dimensi 90,70 meter x 11,12 meter x 3,4 meter. KRI ini diitenagai oleh 2 mesin diesel, 2 shaft menghasilkan 12,000 BHP yang sanggup mendorong kapal hingga kecepatan 18 knot.
Kapal ini diawaki oleh maksimal 42 pelaut. Mampu mengangkut kargo hingga seberat 600 ton. KRI Teluk Parigi bukanlah termasuk armada tempur maupun pemukul.

Sebagai armada pendarat dan pengangkut logistik, KRI Teluk Parigi dibekali senjata pertahanan diri berupa 1 kanon laras ganda kaliber 37 mm Model 1939, 1 Meriam Bofors 40/70 berkaliber 40mm dengan kecepatan tembakan 120-160 rpm, jangkauan 10 Km untuk target permukaan terbatas dan target udara.

Selain itu, KRI Teluk Parigi juga diperlengkapi radar MR-302/Strut Curve Air/Surface Search. (Dispen Kolinlamil)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA