Anjungan DKI TMII, Gelar Festival Tata Boga



Dalam upaya memberikan ruang bagi masyarakat dalam mengembangkan kuliner, bertempat di Anjungan PRovinsi DKI Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), digelar Festival Tata Boga, acara tersebut diikuti oleh beberapa ibu-ibu PKK yang mewakili Pemerintah Kota se-DKI Jakarta maupun Kabupaten Pulau Seribu.

Berbagai makanan ala Betawi dilombakan, demikian juga makanan ringan serta minuman, seperti Sayur Gabus Pucung, Soto Betawi, Sayur Asem Betawi, Becak Bandeng, Sayur Lodeh, Asinan Betawi, Kue Janda Mengandang, Kue Selendang Mayang, Dodol Betawi dan kue kering lainnya tersedia di stan-stan ibu PKK dari Limba Kota dan Kabupaten Pulau Seribu.

Menurut Kepala Upt Anjungan DKI, Drs H Sumarno, bahwa Festival Tata Bota yang juga digelar bersamaan dengan Festival Tembang Kenangan tersebut, merupakan agenda rutin Anjungan dalam memberi raung pada penggemar kuliner maupun pecinta tembang kenangan, untuk terus berkreasi, dibidang tata boga, bagaimana kita dapat menggali jenis masakan Betawi yang sudah hilang, dan dengan lomba ini, maka akan kita dapatkan resep-resep baru masakan Betawi dan kedepan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI akan membuat buku resep, khas Betawi.

Untuk pemenang, panitia telah menyediakan berbagai hadiah kejuaraan berupa Tropy, Sertifikat penghargaan dan uang pembinaan, bahkan dalam final ini, disamping juara 1,2,3 serta harapan 1,2,3  juga akan diberikan pemenang sajian terkreatif serta sajian terbaik, ungkap H Sumarno.

Untuk kali ini, Tim Penggerak PKK Kelurahan Pulau Tidung, dibawah bimbingan Ketua PKK Pulau Tidung, Asmaeni Bunyamin, berhasil meraih juara sajian terkreatif, stan yang unik tersebut menyajikan aneka masakan dengan dekorasi saung beratapkan daun kelapa.
Menurut  tim juri yang menilai stan Pulau Tidung mengaku sangat kreatif dan unik dan berbeda dengan wilayah lain. "Tim PKK Pulau Tidung sudah memberikan yang terbaik di ajang festival tingkat Provinsi DKI Jakarta ini. Berbagai makanan ala Betawi yang terdapat di Kepulauan Seribu seperti Kue Janda Mengandang, Kue Selendang Mayang dan kue kering lainnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Seribu, Yuliani Ludfi mengaku siap menyukseskan Festival Tata Boga untuk tahun depan, dan Kepulauan Seribu akan menampilkan berbagai makanan yang unik lainya.ungkapnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA