Kombet Tampil Menghibur Warga Tugu




Pementasan Komedi Betawi (Kombet) kali ini berbeda dengan penampilan sebelumnya, kalau sebelumnya yang banyak hadir adalah warga setempat, namun penampilan dengan judul “Mirah Gadis Marunda” 80% penonton adalah siswa-siswi.

Sutradara Komedi Betawi, Syaiful Amri mengaku cukup bangga dengan banyaknya generasi muda, khususnya siswa SMA, dalam menyaksikan pergelaran seni budaya betawi ini, karena tujuan kita disamping manghibur juga mensosialisasikan Komedi Betawi sebagai salahsatu budaya asli masyarakat Jakarta, apalagi yang ditampilkan juga seni pencak silat Betawi, serta tari-tarian binaan Sudin Kebudayaan Jakarta Utara, dengan banyaknya siswa maka juga diharapkan mereka akan lebih mancintai budayanya sendiri, tegasnya.

Tampil beberapa komedian Betawi, seperti Kubil, Mpok Nori, Edi Oglek, Rudi Sipit, Jaya serta komedian yang lain, kita juga gembira karena para siswa dapat Berjumpa langsung dengan artis Betawi untuk berdialog langsung, ungkap Syaiful Amri.

Hal senada juga diungkapkan Kasie Pergelaran dan Pementasan Sudin Kebudayaan Jakut, Samiyaji Winoto. Bahwa pergelaran Komedi Betawi serta kesenian lain ini, sebagai wujud tanggung jawab Pemerintah Daerah dalam membina dan memfasilitasi para seniman untuk terus berkarya.

Sudin Kebudayaan telah memprogramkan pergalaran hingga 5 kali, dan diambilnya daerah Tugu, karena Pemda DKI telah menetapkan Daerah Tugu sebagai Cagar Budaya, kita ingin masyarakatnya juga peduli dengan budaya Betawi.

Beberapa Kesenian binaan Sudik Kebudayaan yang tanpil adalan Tari Betawi, Tari Ondel-ondel, Silat Betawi maupun musik Gambang Kromong, dengan mereka seringkali tampil, juga diharapkan mampu meningkatkan kreativitas seni mereka, tegas Samiyaji Winoto.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA