Syaiful Amri Terima Gelar Magister Manajemem



Minimnya kemampuan para seniman Betawi dalam menjual produk seninya, telah mendorong lulusan IKJ Jurusan Teater ini untuk menekuni ilmu pemasaran, sehingga setelah selesai meraih Sarjana S1 dari IKJ, Syaiful Amri kembali menyelisaikan kuliah S2, bidang manajemen pemasaran di salahsatu Perguruan Tinggi yang ada di Jakarta.

Pada para wartawan Syaiful Amri mengaku akan terus memfasilitasi para seniman Betawi, dimana Yayasan Komedi Betawi yang ia bentuk,kini telah banyak melakukan sosialisasi ke masyarakat, dimana seniman Kombet telah menghibur masyarakat ibukota Jakarta, dengan berkeliling Jakarta, hal tersebut juga sebagai bentuk menghibur masyarakat.

Meskipun kesehariannya disibukkan dengan kerjaannya di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan PRovinsi DKI Jakarta, namun Syaiful Amri di waktu senggang masih mengisi kegiatan dengan main di layar sinetro di beberapa stasiun TV tanah air, bahkan waktu itu dirinya juga diperdaya untuk mensutradarai Komedi Betawi, produksi Dinas Kebudayaan dan Permuseuman.

Mengenai sosok Syaiful Amri sebenarnya juga dikenal sebagai sosok penggerak seni budaya Betawi, dirinya sangat berperan dalam meningkatkan kualitas seni komedian Betawi, sehingga banyak juga comedian betawi yang sudah menjadi artis ibukota, sejajar dengan pelawak lainnya, yang banyak mengisi layar televise tanah air.

Syaiful Amri juga dikenal sebagai  sosok penting dibalik pergelaran teater komedi Betawi atau yang lebih dikenal dengan lenong. Menurutnya, asal-usul komedi Betawi adalah lenong, dimana lenong dibagi dua jenis, lenong preman dan lenong dinas. Lenong preman menceritakan tentang jagoan-jagoan Betawi seperti Jawara dan Jampang, sedangkan lenong dinas mempunyai pakem tentang cerita kerajaan.
Komedi Betawi merupakan kolaborasi dari berbagai sisi. Musik dan cerita diramu kemudian disajikan dalam bentuk spontanitas yang mengalir dibawakan oleh pemain-pemainnya. Salah satu kekuatan lenong ada dalam spontanitas yang tak lepas dari pakem cerita, tegasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA