Danlanal Bandung Pimpin Peresmian Karya Bakti TNI AL 2020 di Palabuhanratu

*Da


nlanal Bandung Pimpin Peresmian Karya Bakti TNI AL 2020 di Palabuhanratu*

Bandung, 23 Oktober 2020,-- Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (P) Batos Leksono memimpin acara pelaksanaan Peresmian Karya Bakti TNI AL Tahun 2020 di Kelurahan Palabuhanratu, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (23/10/2020).

Acara peresmian ini merupakan serangkaian kegiatan Bakti TNI AL Lanal Bandung dalam rangka memperingati HUT TNI AL ke-75 dan Peringatan HUT Pangkalan Utama TNI AL III ke-70.

Danlanal Bandung Kolonel Laut (P) Batos Leksono dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Bhakti Sosial TNI AL ini adalah merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19 khususnya warga Palabuhanratu dan Desa Jayanti. Untuk itu, kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap semangat, taati aturan pemerintah dengan selalu menjaga jarak, gunakan masker dan rajin cuci tangan dengan sabun. Hal ini merupakan salah satu upaya pemutusan mata rantai terhadap penyebaran Virus Covid-19.

 "Untuk mengatasi masalah sosial kemanusiaan utamanya dalam peningkatan perekonomian masyarakat, bukan hanya tanggung jawab pemerintah pusat atau pemerintah daerah saja, melainkan tanggung jawab kita semua termasuk didalamnya masyarakat itu sendiri. Dengan situasi seperti ini perkuat kebersamaan, kesetiakawanan sosial dalam wadah persatuan dan kesatuan adalah  sangat penting sebagai perwujudan  kemanunggalan TNI  bersama rakyat yang dapat menumbuhkan jiwa semangat kebersamaan (gotong royong) dalam pembangunan daerah guna peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat ditengah-tengah gencarnya program pembangunan nasional dan percepatan pembangunan daerah serta peningkatan ketahanan nasional dalam rangka mendukung pertahanan negara," ujarnya.

"Dengan terpilihnya wilayah Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi  sebagai sasaran Bakti TNI Angkatan Laut, tidak lain karena memiliki posisi yang sangat strategis terutama dilihat dari sistem pertahanan negara. Oleh karenanya, pelaksanaan Bakti  TNI  Angkatan Laut Tahun 2020 ini memiliki arti tidak hanya sebatas sebagai misi kemanusiaan saja, tetapi diharapkan dapat memberdayakan masyarakat guna menumbuhkan rasa kepekaan terhadap berbagai kemungkinan ancaman dengan nuansa kebersamaan dalam upaya menjaga tetap utuhnya wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai ini," ungkapnya.

Dengan selesainya pelaksanaan  Bakti  TNI AL  Tahun 2020, diharapkan apa yang telah disumbangkan melalui program ini, kiranya dapat memberi manfaat kepada masyarakat Kelurahan Palabuhanratu dan Desa Jayanti Kabupaten Sukabumi.

Sebelumnya Danlanal Bandung membuka acara Karya Bakti TNI AL Tahun 2020 berupa renovasi 21 unit Rutilahu, 1 (satu) unit Masjid, 1 (satu) unit Mushola, 2 (dua) unit Pos Yandu serta Bakti Kesehatan Umum, penyaluran bantuan paket sembako, bahan kontak serta bantuan alat kesehatan dan tempat cuci tangan kepada Kepala UPTD Puskesmas Citarik. Dalam peninjauan tersebut warga yang mendapat bantuan berupa renovasi Rutilahu, Sarana Ibadah dan sarana umum sangat mengapresiasi, puas, terharu dan bangga kepada TNI AL khususnya keluarga besar Lanal Bandung.

Sedangkan dihari kedua tepat dengan acara peresmian Karya Bakti TNI AL Tahun 2020 dilaksanakan baksos berupa non fisik diantaranya khitanan masal serta pembagian paket sembako secara simbolis dan pemberian bahan kontak kepada masyarakat sekitar Kelurahan Palabuhanratu dan Desa Jayanti.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Laksamana Madya TNI (Purn) A. Taufiqqurahman, S.E., M.M., Kesbangpol Provinsi Jawa Barat,  Bupati Sukabumi, Ketua DPRD, Dandim 0622/Sukabumi, Kapolres Sukabumi, Danpuslatpur Marinir Antralina, Unsur Muspika Kecamatan Palabuhanratu, Lurah Palabuhanratu, Kepala Desa, Ketua HNSI, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Warga Desa Jayanti.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA