LANTAMAL III MELAKSANAKAN GIAT DONOR DARAH.


LANTAMAL III MELAKSANAKAN GIAT DONOR DARAH.
Dispenlant3, Komandan Lantamal III Jakarta, Brigadir Jenderal TNI (Mar)  Hermanto, S.E., M.M. meninjau pelaksanaan kegiatan donor darah dalam rangka memperingati HUT ke-70 Lantamal III, mengusung tema “Indahnya Kebersamaan”, dengan mengundang Tim dari Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta, berlangsung di ruang serbaguna Mako Lantamal III Jl. Gunung Sahari No.2 Ancol Jakarta utara. Kamis, (22/10/2020)

PMI telah membuat protokol kesehatan terkait pelaksanaan donasi darah di masa pandemi Covid-19, yakni dimulai dari pemeriksaan suhu sebelum berdonasi, wawancara terkait kemungkinan tertular Covid-19, pemeriksaan fisik sederhana, hingga disinfektan. “Ketersediaan stok darah di masa PSBB, banyak dibantu oleh TNI, Polri, ASN, termasuk saat ini dilaksanakan di Lantamal III Jakarta, dari 145 personel yang terdaftar dan berhasil diambil sebanyak 132 Kantong darah @450 ml." ungkap dr Linda Lukitari Waseso (Pengurus bidang donasi darah PMI Pusat). Sedangkan tim yang diturunkan oleh PMI sebanyak 14 orang, sebagai ketua Tim Bp. Sabri Saiman dan Bp. Dwi Hariyanto. Masyarakat diimbau untuk menyumbangkan darahnya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Ketidakseimbangan antara kebutuhan darah dan jumlah donor (pemberi sumbangan) membuat stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) menurun. hingga saat ini penurunan stok darah sekitar 10-20 persen. Di tengah pandemi Covid-19, kebutuhan darah tetap ada untuk berbagai terapi penyakit, mulai dari yang membutuhkan darah rutin seperti pasien penyakit thalasemia atau kanker, hingga penyakit yang tidak rutin seperti demam berdarah, kecelakaan, atau ibu melahirkan.

Demikian berita dispen lantamal III.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA