LANTAMAL XII SIAPKAN RAK JUNG YANG TANGGUH

*LA


NTAMAL XII SIAPKAN RAK JUNG YANG TANGGUH*

Pontianak, 26 Oktober 2020,-- Berdasarkan UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, pada Pasal 9 huruf e disebutkan bahwa Tugas TNI Angkatan Laut adalah melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut dengan melaksanakan Pengendalian Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla). Tugas ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan geografi, demografi, dan kondisi sosial sebagai Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara di laut dalam rangka mendukung System Pertahanan Semesta.
Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) yang diselengarakan guna mendukung program diatas antara lain gelar Komponen Cadangan (Komcad) atau Komponen pendukung (Komduk) TNI AL dalam rangka perberdayaan wilayah pertahanan laut, gelar potensi komponen  pendukung  TNI AL dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut, peyuluhan bela negara, bakti sosil kesehatan, pembersihan pantai dan penanaman mangrove.  

Terkait hal tersebut, Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, yang dalam pelaksanaannya oleh Kadispotmar Lantamal XII Letkol Laut (KH) Harazi, S.Ag., M.M, selaku pelaksana kegiatan telah melakukan kegiatan Renovasi terhadap beberapa Sarana dan Prasarana Rumah Ibadah dan Rumah Pintar yang tersebar di beberapa tempat di wilayah Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya yang dimulai sejak tanggal 15 Oktober 2020 dan masih berlansung sampai dengan saat ini.

Pelaksanaan renovasi terhadap beberapa sarana dan prasarana fasilitas umum dan fasilitas sosial yang merupakan program kerja Dispotmar Lantamal XII melalui kegiatan Dawilhanla Wilayah Pesisir TA 2020, dimana kegiatan ini merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Adapun hasil yang telah dicapai meliputi renovasi Masjid Baiturrahmat sudah mencapai 50%, renovasi Surau Ar-Rahim sudah mencapai 25%, dan renovasi Mushollah Al-Karimah sudah mencapai 25%, serta renovasi Masjid Al-Ghazi sudah mencapai 35%.  Sedangan untuk renovasi Rumah Pintar dan Taman Baca akan dilakukan akhir dalam pekerjaan tersebut.

Kadispotmar Lantamal XII menyampaikan bahwa “Diharapkan masyarakat dapat menjaga dengan baik semua fasilitas umum dan fasilitas sosial yang ada di wilayah Sungai Kakap sehingga dapat berfungsi dengan baik dan direncanakan pada akhir bulan Oktober ini semua dapat selesai dengan baik sehingga dapat segera di gunakan masyarakat”.
     
Kegiatan Dawilhanla  tahun 2020 mengambil tema “TNI Angkatan Laut Menyelenggarakan Program Dawilhanla wilayah pesisir di wilayah Belawan, Pangandaran, Pontianak dan Tarakan guna terwujudnya penyiapan komponen cadangan dan komponen pendukung untuk memperkuat dan meningkatkan komponen utama dalam rangka pertahanan negara.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA