Syaiful Amri, Sosok Seniman Betawi Yang Selalu Tampil Sederhana




Dikenal sebagai salah satu motor dalam membangkitkan kesenian Betawi. lahir di Jakarta, 20 November 1963. Pendidikan IKJ Jurusan teater lulus tahun 1984. Mulai terjun menekuni teater tahun 1980. Pernah bergabung dengan Teater Rima Jakarta Barat (1980-1986). Tahun 1999 sampai sekarang ia aktif di Teater Kamar.

Dalam kesehariannya ia di kenal sebagai salah seorang PNS di Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Provinsi DKI. Lantaran itu pula, ia memperoleh kepercayaan sebagai sutradara Komedi Betawi produksi Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Provinsi DKI yang digelar rutin di Gedung Kesenian Jakarta. Sebagai seorang sutradara Syaiful dituntut lebih kreatif dalam menggali sisi artistik dari setiap aspek cerita Komedi Betawi.

Syaiful merupakan sosok penting dibalik pergelaran teater komedi Betawi atau yang lebih dikenal dengan lenong. Menurutnya, asal-usul komedi Betawi adalah lenong, dimana lenong dibagi dua jenis, lenong preman dan lenong dinas. Lenong preman menceritakan tentang jagoan-jagoan Betawi seperti Jawara dan Jampang, sedangkan lenong dinas mempunyai pakem tentang cerita kerajaan.

Bagi Syaiful, komedi Betawi merupakan kolaborasi dari berbagai sisi. Musik dan cerita diramu kemudian disajikan dalam bentuk spontanitas yang mengalir dibawakan oleh pemain-pemainnya. Salah satu kekuatan lenong ada dalam spontanitas yang tak lepas dari pakem cerita.

Awalnya komedi Betawi ditangani oleh Mandra, kemudian dilanjutkan oleh H. Malih dan Syaiful adalah tangan ketiga. ia merupakan orang yang paling lama dan terjun penuh dalam komedi Betawi. Ia juga berharap ada tangan-tangan professional yang dapat menanganinya.

Selain aktif di teater, Syaiful juga di kenal sebagai seorang sutradara di bidang film. Ia pernah menyutradarai sinetron dokumenter transmigrasi produksi TVRI di tahun 2003 yang berjudul Surat dari Seberang dan Di Balik Bukit Ilalang. Ia juga menyutradarai film dokumenter produksi Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Provinsi DKI tentang ritual adat Betawi.

Tahun 2000-2005 menjadi pengurus Parfi DKI Jakarta Seksi Kerohanian. Tahun 2006-2009 terpilih sebagai anggota Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta.






Nama :
Syaiful Amri

Lahir :
Jakarta, 20 November 1963

Pendidikan :
IKJ Jurusan teater (1984)

Profesi :
PNS Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Provinsi DKI,
Sutradara Teater Komedi Betawi, film dan sinetron dokumenter

Kegiatan Lain :
Anggota Parfi DKI Jakarta Seksi Kerohanian (2000-2005),
Anggota Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta (2006-2009)

Kegiatan Berteater :
Teater Rima Jakarta Barat
(1980-1986),
Teater Kamar
(1999 s/d sekarang)

Filmografi :
Surat dari Seberang (2003),
Di Balik Bukit Ilalang (2003)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA