Tingkatkan Koordinasi dan Kebersamaan, BNPB Gelar Latihan Bersama TNI AL


Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama TNI Angkatan Laut, beberapa waktu lalu menyelenggarakan latihan gabungan relawan penanggulangan bencana Indonesia, acara tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala BNPB DR. Syamsul Maarif, M.Si.

Dalam sambutannya saat apel siaga di Markas Komando Lintas Laut Militer/Kolinlamil, DR. Syamsul Maarif, M.Si menegaskan, bahwa Latihan gabungan ini diikuti sebanyak 250 orang yang terdiri atas nara sumber, pelatih, dan fasilitator 35 orang, serta relawan 215 orang.

Dan pelatihan ini sangat penting dalam meningkatkan kesiapsiagaan―mengingat wilayah Indonesia rawan bencana, baik bencana alam, non-alam, dan sosial. “Kecepatan respon dalam menangani bencana maupun koordinasi dan integrasi antara semua pihak yang terlibat merupakan langkah antisipasi kita dalam menghadapi bencana di kemudian hari, “tambah Syamsul Maarif. Relawan diharapkan dapat melaksanakan tindakan penanggulangan bencana dan koordinasi awal pra bencana, tanggap darurat, hingga pasca bencana.


Latihan gabungan ini merupakan kerjasama antara BNPB dan TNI-AL, khususnya Kolinlamil. “Saya ucapakan terima kasih dan penghargaan khususnya Kolinlamil atas inisiatif dalam latihan ini,” ujar Syamsul Maarif. Latgab ini meliputi beberapa materi antara lain kebaharian dan jungle survival, penguatan cluster relawan, dan tsunami drill.

Hal senada juga diungkapkan Panglima Kolinlamil, Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan, bahwa materi latihan meliputi proses perencanaan penanggulangan bencana seperti latihan Pos Komando, melaksanakan prosedur dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana dalam rangka mendukung operasi militer selain perang.

Menurutnya, Kolinlamil adalah Komando Utama (Kotama) di jajaran TNI Angkatan Laut yang merupakan Kotama Pembinaan dan sebagai Kotama operasional TNI. Kolinlamil bertugas menyelenggarakan operasi Angkatan Laut TNI dalam rangka operasi militer perang dan operasi militer selain perang dan bantuan Angkatan Laut sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.
Salah satu kebijakan Kolinlamil dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai Kotama operasional khususnya dalam rangka operasi militer selain perang adalah melaksanakan bantuan bencana alam dan bakti TNI/TNI Angkatan Laut, paparnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA