Mendiknas Buka Jambore UKS Tingkat Nasional II


Jambore Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat nasional ke II, yang digelar setiap dua tahun sekali, digelar di Taman Mini Indonesia Indah, acara yang diikuti oleh 800 siswa dari 33 Provinsi tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan Nasional, Prof.DR Bambang Sudibyo. Serta dihadiri beberapa pejabat Depdiknas, Depkes, Depag serta Departemen Dalam Negeri.

Dalam sambutannya, Mendiknas menegaskan, bahwa pihaknya mendorong segala upaya, untuk membina dan mengembangkan UKS, melalui Jambore UKS seperti ini, dirinya berharap agar, bagaimana kedepan para siswa dapat melaksanakan Trias Program UKS, yaitu Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan serta Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat, sehingga dapat mendorong proses belajar mengajar dengan baik.

“Marilah kita budayakan untuk senantiasa hidup sehat, bersih serta menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, sehingga proses belajar mengajar di sekolah dapat optimal, sehingga kedepan, pendidikan akan mampu menjadikan generasi bangsa yang berkualitas, secara intelaktual, fisik, mental dan sosial, serta memiliki daya saing, pintanya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua pantiia Jambore UKS tahun 2009, yang juga Kepala Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani Depdiknas, dr. Widaninggar, W, M.Ed. bahwa Jambore UKS merupakan upaya untuk memotivasi serta mendorong, kader UKS disekolah agar lebih berkualitas, serta bagaimana kedepan program Usaha Kesehatan Sekolah bisa berjalan sebagaimana yang kita harapkan bersama, sehingga nanti sekolah-sekolah sehat di Indonesia.

Kegiatan ini juga sebagai ajang kompetisi untuk menunjukkan ketrampilan sebagai kader kesehatan sekolah, acara yang diikuti oleh para siswa-siswi dari berbagai darah di Indonesia ini, juga diharapkan dapat meningkatkan talisilaturahmi sesame pelajar, sehingga terbangun rasa persatuan dan kesatuan bangsa, diantara generasi bangsa, tegas dr Widaninggar.

Semantara ditempat yang sama, wakil Bupati Buleleng, Drs Made Arga Piratih yang juga ketua tim rombongan peserta Jambore Nasional UKS mengaku, bahwa lomba UKS di Provinsi Bali, telah digelar secara berjenjang, baik ditingkat Kabupaten/Kota serta Provinsi tentang kenyamanan sekolah, dan peserta dari Bali dalam Jambore UKS tingkat nasional 2009 ini, adalah pemenang dalam lomba UKS tingkat Provinsi, dan untuk mensukseskan program UKS, Provinsi Bali juga senantiasa melakukan koordinasi masing-masing pimpinan daerah, akan pentingnya daripada anak didik, untuk memahami agar hidup sehat disekolah, sehingga Trias UKS dapat terealisasi.

Khusus untuk Kabupaten Buleleng, yang wilayahnya masih berupa hutan, Pemerintah darah senantiasa mengajak anak didik, mulai dari TK hingga SMA/K agar memahami akan arti pentingnya UKS, bagaimana dapat mempraktekan teoritis UKS tersebut, karena Buleleng daerahnya hujau, maka kita ajak anak-anak, untuk bersama-sama melestarikan hutan, dan untuk Usaha Kesehatan Sekolah, pihaknya juga terus mensosialisasikan pada anak, akan bahaya Narkotika serta HIV/AIDS, agar anak-anak tetap menjaga kebersihan untuk hidup sehat di rumah dan sekolah, papar Made Arga Piratih




0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA