Refleksi Gempa Bumi Yogyakarta


Syamsul Maarif, Kepala BNPB saat menghadiri acara refleksi 6 tahun gempabumi Yogyakarta menyampaikan kepada seluruh komponen masyarakat pentingnya mewujudkan ketangguhan masyarakat menghadapi bencana. Untuk mencapai masyarakat tangguh ada 4 hal yang harus ditingkatkan kemampuannya, yaitu kemampuan mengantisipasi setiap bahaya, kemampuan untuk melawan atau menghindari, beradaptasi dengan risiko bencana, dan melenting balik atau pulih kembali dengan cepat.

Gempabumi 2006 ternyata tidak membuat masyarakat Yogyakarta terpuruk. Justru bencana tersebut memberikan hikmah untuk bangkit atas kemampuan dan kemauan masyarakat. Setiap kejadian bencana menjadikan pelajaran untuk membangun kehidupan yang lebih baik. Ini sesuai prinsip rehabilitasi dan rekonstruksi yaitu Building Back Better. Artinya membangun kembali dengan lebih baik. Semoga bangsa dan masyarakat Indonesia lebih tangguh menghadapi bencana.



BANJIR BANDANG LANDA BIMA

*Waktu kejadian: Sabtu, tgl 26/05/12 pkl. 05.30 Wita.
*Lokasi kejadian: Ds. Karumbu, Kec. Langgudu, Ds. Ngali, Kec. Belo Kab. Bima, Prov. NTB
*Korban jiwa: 2 orang hanyut (sedang dalam pencarian)
*Kerugian Materiil :
2 rmh hanyut
1 rmh rusak berat
2 rmh rusak sedang
1 Jembatan putus
lahan pertanian puluhan hektar rusak
*Upaya :
-BPBD Kab.Bima dan instansi terkait sedang melakukan pendataan dan penanganan darurat serta terus melakukan pencarian korban yang belum ditemukan.
-BPBD bersama instansi terkait melakukan pengevakuasian dan memberikan bantuan makanan siap saji.

Sumber: BPBD Prov. NTB (Kontak person BPBD NTB dan Kab/Kota silakan buka www.bnpb.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA