STP Trisakti Gelar Kerjasama dengan IMI University Center Switzerland & Burapha University Thailand


“Program Dual Degree dan pertukaran pelajar (Student exchange) merupakan salah satu tolak ukur penjaminan mutu proses akademik berkelas international, karena secara otomatis kurikulum STP Trisakti telah diakui oleh beberapa universitas di luar negeri seperti di Swiss, Thailand, Singapore dan Malaysia,” kata Ketua STP Trisakti, Djoko Sudibyo Ph.D.
 
Kerjasama yang dilakukan akan memudahkan para mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana dari IMI University Centre Switzerland dan Burapha University Thailand dari negara tersebut. Sehingga kemampuan mereka bisa diakui di dalam dan luar negeri. Artinya pengantar dalam perkuliahan wajib menggunakan bahasa Inggris.

 
Program yang diselenggarakan di antaranya student exchange, staff exchange, dan dual degree degree programs, sandwich programs, students sharing programs (cross culture), dan joint research. Saat ini kelas International memasuki angkatan ke-4, dimana angkatan 2008 sedang berada di IMI University Centre Switzerland dalam rangka menyelesaikan studinya selama satu tahun. IMI University Centre merupakan salah kampus Top Quality Swiss Practical Training and British Academic Excellence yang telah joint program dengan Machester Metropolitan University dari UK. Sehingga mahasiswa yang mengikuti dual degree di STP Trisakti akan mendapatkan tiga gelar sekaligus dari 3 kampus disaat bersamaan.
 “Awal tahun ini, STP Trisakti juga meluncurkan dua program baru yaitu dual degree program dengan Burapha University, Thailand dan membuka program transfer credit dengan Shatec Institutes Singapore,” kata Koordinator International Program Bondan Pambudi,M.Si. Kerjasama ini dalam rangka menyiapkan MRA ASEAN pada 2015 dimana kebebasan bekerja bagi pekerja dari negara-negara ASEAN telah dibuka seluas-luasnya. Sehingga dengan dual degree program seperti ini akan lebih memudahkan lulusan STP Trisakti untuk bekerja di Asean.

Student Exchange
Student Exchange atau pertukaran mahasiswa merupakan program yang diselenggarakan oleh STP Trisakti untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar negeri dalam jangka waktu tertentu umumnya satu atau dua semester.  Jadi mahasiswa reguler maupun mahasiswa internasional dual degree program juga dapat mengikutinya.  Program ini dirancang agar mahasiswa dapat mengembangkan wawasan dan lingkup pergaulannya menjadi lebih luas dengan mengenyam pendidikan dengan atmosfer internasional di luar negeri.  Namun untuk biaya dijamin lebih murah karena universitas di luar negeri telah melakukan kesepakatan dalam mengirim mahasiswanya ke STP Trisakti.  Kampus di Thailand memiliki persamaan biaya pendidikan yang terjangkau seperti kampus di STP Trisakti.  “Program yang dirilis mulai pertengahan tahun 2011 ini telah memberangkatkan 18 mahasiswa STP Trisakti ke Burapha University dan Prince of Songkla University Thailand,” ujar Bondan.  STP Trisakti sendiri telah menerima 7 mahasiswa asing untuk belajar di program D-IV Hotel dan D-IV Usaha Perjalanan Wisata yaitu dari Rusia, Mongolia,Thailand, Korea Selatan dan Papua Nugini. 
“Kiat dalam mengikuti program pertukaran pelajar adalah bahasa, motivasi, kreatif dan kemandirian. Mahasiswa akan lebih siap beradaptasi dengan culture yang berbeda, dan  dapat meningkatkan rasa percaya diri yang dapat memaksimalkan potensi terutama dalam karir karena ada pertimbangan dari pengguna lulusan ketika mahasiswa melamar pekerjaan nantinya.  ” Sudah ada Memorandum of Understanding (MoU) dengan perguruan tinggi lain di luar negeri seperti di London School of Commerce dari UK dan ITT Dublin Irlandia. Sementara yang sedang proses penjajakan adalah dengan Victoria University, Beijing International Studies University China, dan TMC Academy Singapore.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA