Cari Pelawak Berkualitas, PASKI dan Jak.com Gelar Lomba Lawak



Menyikapi adanya keprihatinan dunia lawak di tanah air, yang menonjolkan Stem Up/adegan kekerasan atau asal ketawa dengan adegan pelecehan, Para artis lawak yang tergabung dalam Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PASKI) didukung oleh Perusahaan Even Organizer dan Production House, Zakpro ( Jak.com) menggelar Lomba Lawak Tingkat Pelajar dan Mahasiswa se-Jabodetabek.

Menurut kata Ketua Paski, Derry 4 Sekawan ketika jumpa PERS  di Hanggar, Pancoran, Jakarta Selatan mengaku dengan lomba ini pihaknya ingin menjaring pelawak yang berkualitas,  “Kami prihatin dengan model lawakan sekarang yang tak ubahnya smackdown. Memang betul alat yang digunakan mudah rusak atau stereofome, tetapi adegan kekerasan itu bisa ditiru anak-anak dan sangat membayakan,”.

“Tak hanya itu, lawakan mereka juga sering mengarah ke bentuk fisik. Jadi, konsep lawakan mereka tidak mendidik dan tak berkualitas, yang penting orang tertawa,” tambahnya, menyesalkan, Maka, dari Lomba Lawak antar pelajar dan mahasiswa tersebut, diharapkan akan muncul pelawak-pelawak berkualitas, pintar dan terdidik, tegas Derry.

Sementara  Ratna S, pimpinan Jak.com juga menegaskan, bahwa lomba lawak ini sebagai upaya untuk menjawab perkembangan dunia lawak Indonesia, yang terus maju dan berkembang, dengan permintaan siaran Komedi di beberapa stasiun telavisi di Indonesia. Dimana lawak sudah bukan lagi sebuah acara hiburan, tetapi juga telah memasuki dunia industry yang sangat menjanjikan, oleh sebab itu kota ingin menjaring lawak yang professional.

Dengan menjaring pelajar dan Mahasiswa, adalah upaya menggali bakat-bakat yang terpendam, dikalangan pemuda, lomba ini digelar perseorangan dan grub (3 orang), yang penting adalah bagaimana peserta mampu tampil dengan lawakan dan mampu menciptakan kelucuan, berdasarkan kaidah humor, namun tetap menghargai etika, paparnya.

 Lomba  lawak ini bisa diikuti secara perorangan atau grup. Peserta bisa mendaftar di sekolah dan kampus masing-masing. “Audisi akan digelar di beberapa stasiun radio di Jabodetabek dan di Jak-TV.  Grand finalnya akan kami adakan pada  10 Juni,” jelas Ratna dari Zakpro. (Nurul)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA