Universitas Islam As-Syafi’iyah Akan Gelar Seminar Internasional


Bertempat di Kampus  Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA) jalan Jatiwaringin Pondok Gede, Lembaga Kajian Islam dan Arab (Lemkia) Universitas Islam As-Syafi'iyah pada 13 hingga 15 Juli 2012 akan menggelar Seminar Internasional, menurut Rektor UIA Prof Hj Tutty Alawiyah AS, bahwa Seminar tersebut akan membahas tentang Islamisasi Sains dalam berbagai perspektif atau Multi Persepektif.

Dalam Seminar Internasional tersebut akan dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, dan akan hadir tamu dari 15 Negara serta diikuti oleh beberapa Universitas Islam  di Indonesia, hasil dari seminar tersebut akan dibukukan, sebagai hasil kajian Universitas Islam As-Syafi’iyah serta sebagai hasil karya Perguruan Tinggi yang sangat dinanti-nantikan sebagai karya kajian Islam.

Lebih jauh Ketua IMWU serta Ketua Umum Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) tersebut menegaskan, bahwa Sains dan Islam itu jangan dikotomikan, karena Islam dengan Sains itu sebenarnya menyatu, dalam Al-Quran juga dijelaskan mengenai Sains, kita bisa mengungkap akan rahasia alam ini, jangan sampai ada pemikiran bahwa ilmu tidak ada kaitannya dengan Islam, namun dalam melihat ilmu pengetahuan juga harus dilihat dalam konteks Islam, kita lihat adanya pergeseran siang dengan malam, penciptaan langit dan bumi, itu ada dalam ayat-ayat Al-Quran, sehingga kita bisa melihat rahasia alam tersebut, tegasnya.

UIA sangat gembira, Karena kegiatan ini juga disambut baik oleh beberapa tamu dari 15 negara, beberapa tokoh dari Negara-negara Islam juga akan menjadi pembicara, demikian juga dari beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia juga sudah memasukkan paper yang sangat baik untuk dibahas dalam seminar tersebut. Dalam pembahawan multi perspektif tersebut akan melihat antara Islam dan Sains dari berbagai segi, dengan pembahasan melalui 4 komisi, sehingga akan menghasilkan karya yang baik, tegas Rektor UIA Prof Hj Tutty Alawiyah AS.

Hal senada juga diungkapkan panitia penyelenggara Seminar Internasional, Dr. Andy Hadiyanto, MA yang juga selaku Direktur Lembaga Kajian Islam dan Arab (Lemkia) Universitas Islam As-Syafi'iyah, bahwa Seminar Internasional tersebut akan dilaksanakan di kampus Universitas Islam As-Syafi'iyah, Sebagai pembicara yakni Prof. Dr. Moh. Jamil Ali Khayath (Univ. Ummul Quro-Mekkah/ Saudi), Prof. Dr. Dawam Rahardjo (Univ. Islam As-Syafi’iyah/ Indonesia) dan Prof. Dr. Osman Bakr (IIIT Asia Tenggara/ Malaysia).

"Sedang tujuan seminar ini akan mendiskusikan yakni, pertama pandangan Islam tentang ilmu pengetahuan, kedua Karakteristik peradaban Islam klasik dan kontribusinya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, ketiga Karakteristik peradaban Barat dan kontribusinya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, keempat Sains dan Nilai: antara netralitas dan keberpihakan, kelima Formulasi Islamisasi Ilmu pengetahuan, dan keenam Integrasi ilmu dan impilkasinya dalam pendidikan," ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA