OSTN SMK Jaktim, Jaring Siswa Berprestasi

Dalam upaya menyiapkan anak didik khususnya lulusan SMK di Jakarta TImur, yang siap berkompetensi di era pasar bebas, bertempat di Gedung SMK 2 Yayasan PKP Ciracas Jakarta Timur, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melalui Sudin Pendidikan Menengah menggelar kegiatan Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) tingkat SMK se-Jakarta Timur, acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kasudin Dikmen Kota Jakarta Timur, Drs H Budianan, MM.

Dalam laporannya, Kepala Seksi Pendidikan SMK Drs. H. Wurdono, M.Pd.menjelaskan bahwa OSTN kali ini rencana akan diikuti oleh 200 siswa, namun dengan tingginya minat siswa maupun sekolah, maka jumlahnya terus bertambah hingga 250 anak didik, yang mengikuti 5 mata lomba, diantaranya matematika teknologi, matematika non teknologi, fisika terapan, kimia terapan dan biologi terapan.

Para pemenang akan disertakan dalam OSTN tingkat Provinsi DKI Jakarta, Sudin Dikmen Jaktim akan memberikan bekal tambahan pada mereka yang akan mengikuti lomba OSTN tingkat Provinsi, sehingga diharapkan Jakarta Timur akan kembali memperoleh juara umum, serta akan memperkuat Tim OSTN ke tingkat nasional, ungkapnya.

Sementara Kasudin Dikmen Kota Administrasi Jakarta Timur Drs. H Budiana, MM juga menegaskan, bahwa kegiatan Olimpiade Sains Terapan Nasional merupakan upaya disamping memberikan ruang bagi siswa untuk meningkatkan kemampuanya dibidang Sains Terapan, juga upaya menyiapkan anak didik agar mampu berkompetisi dan kompetensi, apalagi bangsa Indonesia sebentar lagi akan memasuki pasar bebas Asean, berarti mereka akan menghadapi persaingan yang ketat dengan tenaga kerja asing, mereka harus siap untuk berkompetisi di pasar kerja, oleh sebab itu melalui OSTN SMK ini, kita ingin membiasakan siswa agar terbiasa dalam berkompetisi, dan untuk mampu berkompetisi, maka harus kompeten, maka anak-anak harus dibiasakan mengasah kompetensi dan sekaligus melatih kompetisi sehingga menjadi suatu kebiasaan.

Tingginya minat siswa dalam mengikuti kegiatan ini menunjukkan adanya motivasi yang baik terhadap anak untuk terus meningkatkan kompetensi dan membangun kompetisi, sehingga diharapkan akan menghasilkan generasi Indonesia emas serga generasi yang tangguh dan memiliki jiwa juang tinggi, oleh sebab itu Dinas Pendidikan DKI serta Sudin Dikmen Jakarta Timur, akan terus mengembangkan system pembelajaran dan pendidikan yan mampu mengembangkan kompetensi dan kompetisi, serta menyiapkan generasi bangsa yang unggul serta berprestasi, tegas H Budiana. (Sos)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA