27 Anjungan Daerah Akan Meriahkan HUT TMII ke 40 Tahun

Seni Budaya merupakan salahsatu olah jiwa dan raga yang akan mampu menyatukan perbedaan, karena dalam berseni tidak membeda-bedakan suku, ras maupun agama, bahkan Presiden Jokowi saat masih menjadi Walikota dan Gubernur DKI Jakarta, sangat peduli dengan pelestarian dan pengembangan Seni Budaya tradisional, bahkan Presiden Jokowi juga telah mencanangkan Program Revolusi Mental, dan salahsatunya adalah mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan serta memperteguh Kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia, melalui kebijakan memperkuat pendidikan kebhinekaan. Hal tersebut sesuai dengan visi dan misi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dalam upaya menjadikan TMII sebagai wahana pengenalan, pendidikan, pengembangan dan pelestarian budaya bangsa guna memperkokoh jati diri Bangsa Indonesia.

Dalam acara jumpa PERS menyambut HUT TMII ke 40 tahun yang  diperingati mulai 5 April 2015 hingga 20 April 2015, Direktur Operasi TMII Ade F Meliala mengungkapkan, bahwa seluruh manajemen TMII akan terus berinovasi dalam menciptakan karya-karya, guna melestarikan budaya bangsa agar tak lapuk digerus jaman. Dan hingga saat ini sudah 40 tahun,  Taman Mini Indonesia Indah,  telah turutserta memperkokoh jati diri Bangsa Indonesia, di tengah derasnya arus budaya asing yang masuk ke Indonesia.

Dalam Perayaan HUT TMII tahun ini, panitia sudah menyusun program hiburan bersama 27 Anjungan Provinsi di Indonesia, untuk menampilkan aneka seni budaya tradisi dari berbagai daerah di Indonesia, sementara pada puncah HUT TMII akan mengangkat nuansa Jawa Barat sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan budaya dan keunikan.

Pada 16 April 2015 Pekan HUT TMII dibuka dengan acara megah yang akan dilaksanakan di gedung Sasono Langen Budoyo dan dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, sedangkan keesokan harinya tanggal 17 April 2015 digelar Upacara Bendera di Plasa Tugu Api Pancasila yang diikuti oleh pimpinan dan seluruh karyawan TMII sekaligus pemberian penghargaan kepada karyawan berprestasi tahun ini.

Semarak pekan HUT TMII terus berlanjut dengan Parade Busana Daerah Tingkat Nasional ke-7 di Sasono Langen Budoyo pada tanggal 18 April 2015. Selain itu, sebagai ungkapan rasa syukur pada hari Minggu, 19 April 2015 digelar acara Selamatan HUT Ke-40 Taman Mini "Indonesia Indah" di Pendopo Sasono Utomo. Pada hari yang sama pengunjung juga dapat menyaksikan Pawai Budaya Nusantara yang akan diikuti oleh 34 propinsi dan Gelar Tari Massal "Ratouh Jaroe" yang melibatkan lebih dari 2.000 penari, 40 tim Tabod dari Propinsi Bengkulu, Grup Kulintang, Angklung yang akan dilaksanakan di Plasa Tugu Api Pancasila.

Seperti perayaan HUT sebelumnya, sebagai bukti cinta TMII kepada masyarakat tepat Tanggal 20 April 2015, tiket masuk digratiskan bagi seluruh pengunjung mulai pukul 6.00 hingga 16.00 WIB untuk semua unit di dalam TMII dengan membeli satu tiket masuk akan mendapat dua tiket masuk (Buy one get one free). Puncak kemeriahan HUT TMII ke-40 akan dilaksanakan di Teater Bhineka Tunggal Ika. Malam puncak HUT TMII dikemas dalam bentuk pergelaran spektakuler yang mempersembahkan Maha Karya Indonesia "Ciung Wanara" dari tim kesenian propinsi Jawa Barat dan didukung potensi Diklat Binaan TMII. Acara tersebut akan ditutup dengan pesta kembang api.

Dan Program acara musik "Inbox" SCTV juga ikut menyemarakan pesta ulang tahun TMII ke-40, yang mengajak masyarakat untuk mencintai karya-karya musik anak dalam negeri dan mengenal ragam budaya Indonesia. Pameran Flora & Fauna yang digelar di areal Teater Bhineka Tunggal Ika selama satu pekan akan menyuguhkan kekayaan hayati Indonesia kepada pengunjung.

Dengan rangkaian acara perayaan HUT ke-40 Taman Mini "Indonesia Indah" diharapkan seluruh masyarakat khususnya para pengunjung dapat semakin mencintai dan melestarikan kebudayaan bangsa guna memperkokoh jati diri bangsa indonesia . Dan akan mendapatkan penguatan fungsi Taman Mini Indonesia Indah oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sementara itu Marketing Manager Diono juga selaku Ketua Umum HUT TMII Ke 40 mengatakan, bahwa terkait HUT  TMII ke 40 atau 5 windu dan TMII merupakan penciptaan ruang budaya seperti perlindungan, pendidikan, pengembangan dalam rangka pelestarian budaya ini.

“Melalui TMII kita lestarikan budaya guna memperkokoh jati diri budaya bangsa Indonesia dan penetapan ini masih akan dikaji oleh Kementerian Pembangunan Manusia Dan Budaya, dimana TMII  merupakan wahana memperkokoh jati diri bangsa,”kata Diono.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA