DANLANAL TAREMPA AKTIF PERANGI PENYEBARAN COVID 19 DI KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS

DANLANAL TAREMPA AKTIF PERANGI PENYEBARAN COVID 19
DI KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tarempa Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan selaku Dansatgas Angkutan Laut Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Anambas memimpin pelaksanaan Protokol Kesehatan terkait pencegahan dini terhadap kapal kargo KM Logistik Nusantara 4 (Tol Laut) dan speed Anambas 6 yang sandar di Pelabuhan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Rabu (27/5/2020).

Seluruh Anak Buah Kapal (ABK) dilakukan pengecekan kesehatan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Anambas dengan metode Rapid Test dan hasilnya non reaktif, namun seluruh ABK wajib melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari dan tidak melaksanakan kegiatan keluar dari kapal sesuai dengan protokol kesehatan.

“Ada 21 ABK Kapal Tol Laut dan 6 orang di Speed Anambas 6 tersebut dilakukan rapid test dan hasilnya non reaktif. Namun mereka harus tetap melaksanakan isolasi mandiri dan jika ada keperluan mendesak dapat melakukan koordinasi dengan petugas Gugus Tugas Covid-19 Anambas,” ungkap Letkol Erfan.

Kapal Tol Laut tersebut diketahui berlayar dari Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta menuju Pelabuhan Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas, sedangkan Speed Anambas 6 kembali dari Tanjungpinang setelah mengantar pasien rujukan RSUD Tarempa.

Sebagai tindakan pencegahan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, seluruh ruangan kapal disemprot menggunakan cairan disinfektan termasuk muatan yang ada di kapal. Selain itu, seluruh crew dan ABK kapal tersebut dilaksanakan pengecekan suhu tubuh dan disemprot cairan disinfektan, serta dilaksanakan rapid test.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA