Pelantikan Mahasiswa Baru UNINDRA PGRI, Upaya Pengenalan Proses Akademik


Selama ini banyak Universitas dalam memperkenalkan dunia kampus pada mahasiswa baru dengan kegiatan ospek/penggojlogan, namun demikian, hal tersebut tidak dilakukan di Universitas Indraprasta (Unindra) PGRI Jakarta, menurut Rektor UNINDRA, Dr. H Sumaryoto, SE,MM, hal tersebut sudah tidak dilakukan cukup lama, dan untuk pengenalan dunia kampus, pihaknya lebih memilih dengan bentuk pembekalan mahasiswa baru, untuk mengarungi kegiatan perkuliahan.
Acara Pelantikan Mahasiswa Baru yang digelar di Gedung Bapra Marinir Cilandak kali ini, pihaknya lebih menitikberatkan pada pengenalan proses akademik, karena kegiatan perkuliahan sangat berbeda dengan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, oleh sebab itu perlu adanya upaya untuk memperkenalkan dunia kampus pada para mahasiswa baru, bagaimana mereka dapat mengetahui lebih dalam tentang selukbeluk perkuliahan, baik masalah SKS atau masalah akademik lainnya, sehingga mereka nanti betul-betul siap untuk menempuh proses belajar mengajar di Universitas Indraprasta PGRI. Apalagi mereka saat ini akan beralih tataran belajar dari SMA/K ke Perguruan tinggi, kalau mereka tidak dibekali, saya kawatir nanti mereka banyak waktu terbuang, hanya untuk menyesuaikan diri dalam proses akademik maupun memahami situasi di kampus dengan situasi di sekolah.
Seluruh peserta Pelantikan Mahasiswa Baru saat ini berjumlah 7.196 mahasiswa, dan jumlah mahasiswa baru mengalami kenaikan 40,22 % jika dibandingkan dengan tahun lalu, dimana tahun lalu jumlah mahasiswa baru 5.322 orang, angkatan 2009 ini, 71% adalah lulusan SMA/K, sementara 29% adalah mahasiswa program Ekstensi, yang telah bekerja, tingginya kerpercayaan masyarakat untuk belajar di Unindra PGRI ini, menurutnya taklain, karena adanya kemudahan, khususnya dibidang pembiayaan perkuliahan yang sangat terjangkau masyarakat.
Sementara menanggapi akan kemajuan tehnologi saat ini, Dr H Sumaryoto mengaku untuk menunjang proses pembelajaran di Unindra PGRI, pihaknya telah menyiapkan fasilitas sesuai dengan kemampuan yang ada, sehingga para Mahasiswa bisa ikut menanfaatkan tehnologi dalam proses belajar mengajar saat ini, namun demikian pihaknya tetap lebih mengedepankan masalah moral, sehingga di kampus nanti mereka akan memperoleh mata pelajaran agama dua semester, dan Unindra PGRI juga mulai merintis untuk menjadikan Mahasiswa yang mandiri, dengan penambahan matakuliah “Wirausaha” selama dua semester.
Sesuai dengan misinya, Unindra PGRI ingin menjadi lembaga pendidikan tinggi yang berperan aktif dalam pembangunan pendidikan nasional, melalui pengembangan sumber daya manusia profesional yang berwatak mandiri, peduli dan kreatif serta adaptif dengan perkembangan global. Bagaimana kedepan lembaga ini dapat membina dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, tenaga akademik yang professional dan kegiatan yang integral dalam bentuk pengabdian masyarakat. Dengan proses pembelajaran yang baik, Unindra PGRI terus berupaya menghasilkan tenaga yang profesional dalam berbagai bidang kependidikan dan non kependidikan yang dilandasi watak kreatif, inovatif, mandiri, dan peduli. tegas Dr. H Sumaryoto, SE, MM





3 komentar:

Kang Olih mengatakan...

ASSALAMU ALAIKUM WR.WB
mengingat PESMAB akan dilaksanakan tgl 31 Agustus 2013. sedangkan kami mahasiswa baru S2 UNINDRA PGRI Jakarta yang berasal dari Kabupaten Lebak Provinsi Banten akan melaksanakan Pilkada Bupati Lebak yang bertepatan dengan Pesmab tersebut tgl 31 Agustus 2013. untuk itu kami mohon ijin untuk tidak bisa hadir pada acara tersebut. gimana... ya... makasih.

Kang Olih mengatakan...

mohon balasannya. dan kami mohon informasi berikutnya tentang KRS dan perkuliahan. makasih.

Kang Olih mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA