UIJ Gelar Wisuda, Cetak Tenaga Profesional berkarakter Amanah dan Istiqomah



Sebagai salahsatu Lembaga Pendidikan Tinggi Swasta di Indonesia, yang telah banyak menciptakan para pakar dan tenaga professional dibidang Hukum, Ekonomi, Teknik Mesin, Bahasa Arab dan Pendidikan Islam, serta terus berupaya Menjadikan Perguruan Tinggi yang mampu menghasilkan manusia yang mempunyai keseimbangan Iman dan Amal, Intelektual dan Moral, bertempat di Jakarta Convention Centre, Universitas Islam Djakarta (UID) beberapa waktu lalu kembali menggelar Wisuda.

Saat acara jumpa PERS disela acara tersebut, Ketua Yayasan Wakaf Perguruan Tinggi Islam Jakarta (YWPTID), Prof. DR. Raihan, MSi. Menegaskan, bahwa Wisuda kali ini diikuti oleh Wisudawan yang telah menyelesaikan Program Strata 1 (S1) serta Program Pasca Sarjana (S2), mereka adalah dari Program Studi Hukum, Ekonomi Manajemen, Bahasa Arab, Pendidikan Islam dan Teknik Mesin,sementara untuk Pasca Sarjana dari Program Studi Magister Manajemen, Ilmu Hukum, Pendidikan Islam dan Pemikiran Islam.

Program Magister Manajemen Universitas Islam Jakarta terdiri dari tiga konsentrasi yaitu; Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Sesuai dengan pola dasar ilmu amaliah dan amal ilmiah, ketiga konsentrasi tersebut diintegrasikan dengan kajian keIslaman. Konsentrasi manajemen keuangan memiliki kekhasan tersendiri, yaitu Keuangan Syariah".  Pilihan kekhasan ini dimaksudkan sebagai suatu upaya untuk merespon tuntutan pasar dan memberikan kontribusi bagi pengembangan "Keuangan Syariah"  di Indonesia.

Sementara untuk Program Pasca Sarjana Pendidikan Islam, merupakan upaya
Membentuk sarjana muslim tingkat magister yang memiliki wawasan keilmuan komprehensif, integratif, empirik dan kontektual serta mampu mengembangkan mutu pembelajaran dengan kekuatan evaluasi pendidikan, pembelajaran dalam bidang perencanaan dan pengelolaan lembaga pendidikan, pembelajaran dalam bidang perencanaan dan pengelolaan lembaga pendidikan.

Lebih jauh Prof Raihan menegaskan, bahwa sebagaimana aturan dalan sistem pendidikan nasional, 60 % kurikulum yang dipakai sudah diatur oleh Pemerintah (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan), dan 40% adalah kebijakan Universitan, oleh sebab itu untuk membentuk pemimpin yang amanah, UID menekankan akan nilai-nilai sosial dan kaidah ilmu, sebagaimana nilai yang terkandung dalam kaidah ajaran Islam. Yaitu dengan Ilmu Amaliah dan Amal Ilmiah dalam naungan Allah SWT.

Dalam Program Studi Ekonomi, juga ditekankan akan penguasaan ilmu keuangan syariah, dimana ilmu syariah sudah dimasukkan dalam kurikulum, namun apabila kedepan dalam kajian, memang perlu ditingkatkan, maka ilmu keuangan syariah akan dijadikan konsentrasi program study.Untuk menyiapkan lulusan yang mandiri, UIJ juga telah memasukkan kewirausahawan dalam kurikulum akademik, paparnya. 

Untuk membantu para mahasiswa memperdalam Ilmu Syariah, UID juga telah bekerjasama dengan Bank Mandiri Syariah serta lembaga keuangan Syariah lainnya, untuk terus bersinergi, dan mengembangkan, mengaktualisasikan dan mengkomunikasikan ekonomi Islam melalui pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan dakwah Islamiyah, tegas Prof Raihan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA