Wujud Kepedulian Budaya Betawi, Pemkot Jakarta Timur Meriahkan Lebaran Betawi

Pemerintah DKI Jakarta bersama dengan Dinas Pariwisata dan BAMUS (Badan Musyawarah Masyarakat Betawi) menggelar acara Lebaran Betawi 2014 di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Acara tersebut juga diikuti dengan penampilan Rumah Adat yang ditampilkan 5 Pemerintah Kota dan 1 Kabupaten Kepulauan Seribu. Acara ini merupakan bentuk silaturrahmi masyarakat Betawi dengan sesama masyarakat Betawi dan juga masyarakat Jakarta. Jadi, Betawi harus tetap hidup ditengah-tengah keragaman budaya Jakarta karena ini merupakan bentuk pelaksanaan kearifan lokal yang diamanatkan oleh Undang-Undang.

Rumah Adat Walikota Jakarta Timur yang juga didukung Rumah adat 10 Camat se-Jakarta Timur, memperoleh sambutan meriah bagi pengunjung acara akbar tersebut, ada yang sekedar melihat-lihat aneka kesenian, berfoto dengan tokoh masyarakat, namun juga ada yang turut menyantap sajian makanan khas Betawi yang disajikan di Rumah Camat serta Rumah Walikota.

Disela acara tersebut,  Kasudin Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Timur, Husnison Nizar saat ditemui wartawan menjelaskan,  bahwa dalam Lebaran Betawi kali ini, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur lebih menonjolkan Seni Budaya dan Kuliner Betawi, karena saat ini diwilayah Jakarta Timur masih banyak Sanggar Seni maupun Musik serta Grub Lenong tradisi, yang harus di tumbuh kembangkan, komitmen tersebut diwujudkan dengan memberikan kesempatan para seniman di Jakarta Timur untuk tampil dan berseni di Panggung Lebaran Betawi sebagai iven nasional yang sudah digelar ke 7 kalinya.

Untuk tema saat ini adalah “Kembali Ke Fitri Membangun Jakarta”, dimana Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur di hari yang Fitri ini ingin terus membangun budaya Betawi sebagai Budaya asli masyarakat Jakarta, baik dibidang Kebudayaan, Kesenian tradisional, Makanan tradisional hingga bangunan dengan cirikhas Betawi, sehingga Seni Budaya dan Kuliner Betawi akan semakin dicintai dan ada dihati warga Jakarta, tegas Sony.

Untuk kesenian yang ditampilkan baik di Panggung Walikota maupun Panggung Gubernur, seperti Tari Betawi, Musik Gambang Kromong, Musik Pop Betawi tari Zapin, sementara bintang tamu yang dihadirkan diantaranya Mpok Nori, Kubil, Rita Hamzah, Jaya, Pelawak Masnur Mpok Munaroh serta artis lainnya, yang keseluruh grub kesenian yang ditampilkan adalah seniman yang ada di Jakarta Timur, tambah Husnison Nizar.

Pada Lebaran Betawi di hari pertama, Rumah Walikota Jakarta Timur ditempati Wakil Walikota Jakarta Timur, demikian juga 10 Camat se-Kota Jakarta Timur, terlihat menyambut tamu yang berlebaran, disela acara tersebut Wakil Walikota Jakarta Timur, H Husein Murad pada wartawan menjelaskan, bahwa melalui moment Lebaran Betawi ini adalah komitmen dalam melestarikan Budaya Betawi.

 Pemerintah Kota Jakarta Timur  menampilkan aneke makanan khas Betawi seperti Selendang Mayang, Kue Cucur, Nasi Kebuli, Gabus Pucung, Kerak Telor, Bir Pletok, sementara kesenian juga dihadirkan untuk menghibur masyarakat, kegiatan ini sebagai wujud apresiasi Budaya Betawi, oleh sebab itu silahkan nikmati aneka Seni, Kuliner maupun silaturahmi yang ada disini, pintanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA