BAZIS Jakarta Timur Gandeng Indomaret dan Aprindo Bangun Kesadaran Berzakat

Zakat, Infaq dan Shadaqah merupakan salah satu rukun Islam ke tiga yang diwajibkan kepada setiap muslim. Zakat infaq dan shadaqah dalam peranannya, memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengentasan kemiskinan dan kebodohan, dan untuk mempermudah warga Jakarta Timur dalam menyalurkan amal zakat, infaq dan shadaqahnya, BAZIS Kota Administrasi Jakarta Timur menggandeng APRINDO dan Perusahaan retail Indomaret dengan menempatkan kotak pengumpulan ZIS di 259 gerai Indomaret yang ada di Jakarta Timur.

Peluncuran Program Pemberdayaan dan Pembangunan Umat (PPU) ini, ditandai dengan penandatangan piagam kerjasama oleh Walikota Jakarta Timur Drs. H.R. Krisdianto, Kepala BAZIS Jakarta Timur Dwi Busara dan CSR Manager PT Indomarco Prismatama Bambang Trijanto. Setelah itu dilakukan penyerahan secara simbolis kotak dana ZIS dari Walikota kepada perwakilan Indomaret Bambang Trijanto, disaksikan Sekjen APRINDO Rudi Sumampou dan Kepala BAZIS Provinsi DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Walikota Jakarta Timur, HR Krisdianto mengaku sangat berterimakasih pada Aprindo dan Indomaret yang telah membantu Bazis dalam menghimpun dana zakat, Infaq dan Shadaqah dari masyarakat, “Program ini sangat bagus dalam rangka  pengentasan angka kemisikinan di Jakarta Timur. Kita harapkan nantinya akan tercipta pemberdayaan dimasyarakat dan mengurangi kemiskinan,”harapnya.

Saya ingin dana ini dapat di pertanggung jawabkan, melalui PPU serta penempatan kotak ZIS diseluruh gerai Indomaret diharapkan akan mengugah hati masyarakat akan kesadaran berbagi dan peduli pada masyarakat miskin,  Walikota menambahkan, dengan disediakan kotak amal tersebut nantinya akan banyak warga miskin yang tertolong, Kita ingin menggugah hati masyarakat untuk berbuat baik, karena hampir seluruh agama mengajarkan berbuat baik, ungkap Krisdianto.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala BAZIS Jakarta Timur Dwi Busara, dengan penghimpunan dana masyarakat akan ZIS ini, nantinya dana yang terkumpul dari gerai-gerai usaha ritel tersebut akan diaudit oleh pihak ketiga, sehingga transpran dan akuntabel, kemudian dana yang terkumpul akan disalurkan kepada warga yang membutuhkannya.

Program PPU ini sesuai dengan tugas pokok dan fungsi BAZIS sebagaimana tertera dalam  SK Gubernur No. 51 tahun 2006, tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengumpulan dan Pendayagunaan ZIS oleh BaZIS Provinsi DKI Jakarta. “Ini dalam rangka mengoptimalkan pengumpulan Shadaqah warga di wilayah Jakarta Timur, yaitu melalui penempatan kotak-kotak Shadaqah BAZIS di gerai-gerai ritel Indomaret, papar Dwi Busara.

Sementara CSR Manager PT Indomarco Prismatama, Bambang Trijanto, mengaku mendukung program kerjasama PPU ini, karena hal tersebut merupakan upaya pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan sesuai dengan misi Indomaret,kerjasama dengan Bazis Jakarta Timur ini juga atas arahan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan seluruh gerai indomaret di Jakarta Timur ini ada 259 gerai, seluruhnya akan kita tempatkan kotak ZIS, dan nantinya akan kita kembangkan ke wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Barat.

Pada dasarnya kita siap memfasilitasi penempatan kotak ZIS di gerai kami, dan untuk penggunaan dan kapan kotak tersebut akan di ambil, terserah pihak Bazis, jadi kalau selama ini Kotak amal yang ada dari beberapa Masjid disekitar gerai, maka nantinya akan dikoordinasi oleh Bazis, kegiatan sosial ini diharapkan juga akan membantu Pemerintah dalam pengentasan kemiskinan, ungkap Bambang Trijanto.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA