Kebaharian Fair Museum Bahari Tampilkan Perjuangan Hang Tuah

Hang Tuah merupakan seseorang Pahlawan dan tokoh legendaris Melayu pada masa pemerintahan Kesultanan Malaka. Ia adalah seorang pelaut dengan pangkat laksamana dan juga petarung yang hebat di laut maupun di daratan, dan untuk mengenang kembali perjuangan Hang Tuah, Museum Bahari yang berada di jalan Pasar Ikan, Kota, Jakarta Utara, dalam Kebaharian Fair 2015 yang akan digelar pertengahan September ini, akan mengangkat Pendokumentasian Hang Tuah.

Menurut panitia acara Kebaharian Fair Museum Bahari, Yani, bahwa kegiatan Kebaharian Fair merupakan kegiatan unggulan di Museum Bahari, dimana tahun lalu tema yang diambil adalah Pendokumentasian Fatahillah maka tahun 2015 ini kita mengangkat Pendokumentasian Hang Tuah, dimana tata pamer maupun Pergelaran Kesenian Drama Tari menceriterakan jejak perjuangan Hang Tuah. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menanamkan nilai-nilai kejuangan Kepahlawanan Hang Tuang sebagai tokoh pelaut pada masyarakat, khususnya para Pemuda dan Pelajar, ini juga dalam upaya mendukung Program Presiden Jokowi yaitu membangun Kemaritiman di Indonesia.

Kemaritiman Fair 2015, nantinya juga akan didukung tata pamer dari beberapa museum di Jakarta, seperti Museum Juang 45, Museum Wayang, Museum Sejarah Jakarta,Museum Bank Mandiri, Museum Pos Indonesia, Museum Keramik, Museum Prasasti serta museum lain, dan dilengkapi dengan aneka kerajinan yang bisa dijadikan suvenir dengan produk keraninan kebaharian, seperti miniatur kapal serta perahu tradisional dan kerajinan hasil laut.

Untuk memberi hiburan pada pengunjung, panitia Kebaharian Fair juga akan menampilkan Band ternama di Indonesia, serta diisi dengan kegiatan seminar, bedah buku Sejarah Jakarta, serta penampilan beberapa kesenian tradisional Betawi, kegiatan ini juga dalam upaya membangun Museum Bahari sebagai museum berkelas dunia dengan koleksi museum serta bangunan cagar budaya bernilai sejarah tinggi, tegas Yani.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA