Menko Kemaritiman Lepas Tim Satgas Ekspedisi Marinir Ke Puncak Pyramid Cartenz

Dalam rangka menyambut HUT ke - 70 Republik Indonesia (RI), TNI Angkatan Laut kembali mengirimkan Tim Ekspedisi Marinir ke Puncak Piramid Cartenz, berkenan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Dr. Indroyono Soesilo didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Mantan Kasal Laksamana TNI (Purn) DR. Marsetio serta Komandan Korps Marinir (Kormar) Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana bertempat di Lapangan Marinir Cilandak melepas Tim Satgas Ekspedisi tersebut,

Dalam sambutannya Menko Bidang Kemaritiman Dr Indroyono Soesilo mengatakan, bahwa Ekspedisi Marinir ke Puncak Pyramid Cartenz ini,  merupakan rangkaian kegiatan Peringatan HUT Kemerdekaan RI, yaitu dalam ekspedisi ini akan dikibarkan bendera Merah Putih di Puncak Cartenz pada 17 Agustus 2015 yang bertujuan menyampaikan pesan kepada dunia bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan menjaga setiap jengkal wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari Sabang sampai Merauke demi kedaulatan NKRI.  Perjalanan akan dimulai 9 Agustus 2015 dan ditempuh selama 12 hari pulang pergi.

Indroyono Soesilo menjelaskan, nanti di puncak Pyramid Cartenz itu Korps Marinir juga akan menggelar spanduk bertemakan “Save Our Littoral Life (SOLL)” yang merupakan program  ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk menyelamatkan kehidupan pesisir.

Kegiatan tersebut untuk mendukung program pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Ekspedisi ini  dipimpin oleh Letkol Marinir Ferry Marpaung beranggotakan  19 personel Marinir, 10 personel Tramp Club diantaranya ada pendaki tuna daksa Sabar Gorky, empat personel MNC Group dan dua personel Trans Media.

Usai melepas Ekspidisi Puncak Carstenz, Menko Bidang Kemaritiman mendapat “Brevet Kavalery Korps Marinir” setelah mengendarai tank BMP-3 F mengelilingi Lapangan Apel Ksatrian Marinir Hartono.

Brevet tersebut disematkan langsung oleh Komandam Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana.

Selain upacara pelepasan Ekspedisi Cartenz, ditempat yang sama juga dilaksanakan lomba melukis anak-anak Sekolah Dasar (SD) dengan tema “Selamatkan Kehidupan Pesisir untuk Masa Depan Dunia”.
Kegiatan ini juga merupakan rangkaian program “Save Our Littoral Life” Korps Marinir TNI AL.

Ketua panitia lomba Kolonel Marinir Amir Faisol yang sehari-hari menjabat Aspers Dankormar mengatakan,  kegiatan lomba ini bertujuan untuk menanamkan pemahaman dan kecintaan tentang laut kepada anak-anak.

Dengan kegiatan ini diharapkan kepada para generasi penerus bangsa akan lebih memahami bahwa laut menjajikan kejayaan dan kesejahteraan.

“Kecintaan dan kepedulian terhadap terumbu karang dan laut perlu ditanamkan sejak usia dini,” terang Kolonel Marinir Amir Faisol. (Nurul)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA