PRAJURIT KOLINLAMIL TINGKATKAN KEMAMPUAN P3K DAN EVAKUASI

PRAJURIT KOLINLAMIL TINGKATKAN KEMAMPUAN P3K DAN EVAKUASI
Jakarta, 3 Maret 2020 ------------ Satya Wira Jala Dharma. Dinas Kesehatan (Diskes) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menyelenggarakan Latihan Operasi Matra Laut  (Latopsmatla) kesehatan triwulan I Tahun 2020 selama kurang lebih delapan hari mulai 2 – 10 Maret 2020.
Upacara pembukaan secara resmi dibuka Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kolinlamil, Letkol Laut (K) dr. Arie Widiyasa, Sp. OG ditandai dengan pengalungan tanda peserta di Gedung Diskes Kolinlamil,  Koja, Jakarta Utara, Senin (2/3).
Latopsmatla kesehatan kali ini difokuskan pada penanganan pertolongan pertama (P3K) dan prosedur evakuasi korban secara cepat dan tepat bagi prajurit dilingkungan Kolinlamil. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai dalam latihan ini antara lain meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dasar para personel kesehatan maupun non kesehatan secara perorangan sebagai penunjang tugas pokok dan meningkatkan kesiapsiagaan personel Kolinlamil dalam menghadapi setiap tantangan tugas khususnya dibidang kesehatan dasar dan P3K.
Latihan kesehatan triwulan I ini merupakan pelaksanaan dari program kerja Diskes Kolinlamil tahun anggaran 2020, sesuai surat perintah Pangkolinlamil tanggal 06 Januari 2020 tentang Rencana Kegiatan Latihan Operasi Matra Laut Kolinlamil tahun 2020.
Saat membuka Latopsmatla kesehatan tersebut, Kadiskes Kolinlamil mengatakan para peserta untuk memahami seluruh materi yang diberikan oleh Pelatih atau Instruktur baik materi teori maupun saat praktek lapangan dengan optimal.
“Laksanakan latihan ini dengan penuh semangat, ikhlas dan bertanggung jawab, jaga ketertiban dan keamanan serta hindari kerugian personel dan meterial, agar kedepan setelah selesai latihan ini mampu mendukung tugas pokok Kolinlamil” ujar Kadiskes Kolinlamil.
Materi Latihan meliputi Pengetahuan dasar P3K, Teknik resusitasi, pengetahuan penguasaan peralatan kesehatan / tensimeter, pengetahuan tentang evakuasi medis dengan dan tanpa alat, dasar farmasi, pengetahuan dasar kesehatan dan keselamatan kerja, pengetahuan tentang kegawatdaruratan medis dan seleksi korban serta pengetahuan kesehatan kelautan dan penyelaman. Selain itu para peserta juga akan melaksanakan praktek kasus-kasus penanganan korban kecelakaan dan evakuasi medis perorangan.
Sedangkan peserta latihan terdiri dari 100 orang personel kesehatan dan non kesehatan dari jajaran Kolinlamil.
Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono., S.E. M.M. disela-sela waktunya menghimbau agar para peserta latopsmatla kesehatan untuk mengikuti latihan ini dengan serius, selain itu latihan ini menguji dan meningkatkan kemampuan personel khususnya kesehatan dalam upaya menanggulangi korban-korban kecelakaan saat melaksanakan tugas.
“Manfaatkan latihan ini sebagai bekal untuk meningkatkan kemampuan khususnya prajurit kesehatan dalam menangani dan menanggulangi kecelakaan saat melaksanakan tugas” ujar Panglima.(Dispen Kolinlamil)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA