Istiqlal dan Katedral Jadi Perhatian KOSTRAD

 Dalam rangka menyambut  peringatan HUT TNI ke-66 tahun 2011, seribu orang prajurit Kostrad bersama ratusan Pegutas Kebersihan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat, Jum’at (30/9),  melaksanakan kegiatan karya bhakti di areal Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta Pusat. Pemilihan lokasi, dilatarbelakangi cakupan wilayah Pembinaan Teritorial Makostrad dan terbatasnya tenaga yang dapat dipekerjakan oleh pengurus masjid, khususnya pada bagian sungai yang melintas areal Istiqlal.

Di areal masjid terbesar di Asia Tenggara yang diarsiteki oleh Ir. Silaban, Panglima Kostrad menanam pohon Trembesi sebagai wujud partisipasi Letjen TNI A.Y. Nasution terhadap program penghijauan nasional. Gereja Katedral juga merupakan sasaran karya bakti prajurit Kostrad yang berdekatan dengan Istiqlal. Pemilihan sasaran ini untuk menjaga keseimbangan dan kebersamaan antara umat penganut agama dalam mengimplemen-tasikan Pancasila. Dengan peralatan yang sangat sederhana, prajurit Kostrad sudah mampu menyelesaikan sasaran karya bakti dengan baik dalam tempo 3 jam.

Lebih jauh A.Y Nasution menegaskan, bahwa kegiatan bhakti sosial sepeti ini dilakukan serentak di beberapa daerah di Indonesia oleh jajaran Kostrad, diakuinya petugas kebersihan di Istiqlal sangat sedikit, sehingga sebelumnya masih terlihat banyak sampah, oleh sebab itu jajaran Kostrad kini dikerahkan membantu mereka untuk membersihkan sampah dan daun-daun yang ada diaerah masjid dan sungai, kita akan programkan kegiatan seperti ini setiap bulan, paparnya.

Turut hadir mendampingi Pangkostrad, Kaskostrad Mayjen TNI Hendra Rizal, para Asisten dan Kabalak Kostrad serta Walikota Jakarta Pusat. Walikota Jakarta Pusat turut menyambut pelaksanaan karya bakti prajurit Kostrad, karena selain membantu Pemkot Jakarta Pusat dalam penanganan kebersihan, juga sebagai wujud Kemanunggalan TNI dengan rakyat. Hal senada juga disampaikan oleh pihak manajemen Masjid Istiqlal maupun Gereja Katedral, bahkan mereka berharap ke depan kegiatan karya bakti Kostrad bukan yang terakhir.

Walikota Jakpus H. Saefullah juga menambahkan, bahwa jajaran Pemkot Jakarta Pusat mengucapkan terimakasih dan  gembira atas kepedulian jajaran TNI membantu membersihkan wilayah kota dan mengatasi ancaman banjir. “Masih banyak sampah dan tumbuhan di Kali Ciliwung, sehingga kalau tidak dibersihkan bisa menimbulkan banjir,” katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA