H Agus Suradika Buka Job Matching SMK

Dalam upaya memfasilitasi antara pencari kerja dengan dunia industri¸bertempat di Pusat Pelatihan Pendidikan Kejuruan (PUSLATDIKJUR) Jakarta Utara yang berlokasi di Kawasan Industri Pulogadung, Dinas Pendidikan bersama dunia industri menggelar Job Matching bag siswa SMK. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Prof DR. H Agus Suradika.

Dalam sambutannya Wakadisdik mengaku akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan SMK, diakuinya kondisi pendidikan masih ketinggalan dengan dunia industri, hal tersebut juga disebabkan Kurikulum Pendidikan SMK tidak bisa memenuhi tuntutan pasar kerja, oleh sebab itu menurutnya Kurikulum SMK harus dapat sewaktu-waktu berubah dalam menyesuaikan permintaan pasar kerja.

Diakuinya Job Matching ini akan sangat membantu siswa SMK, khususnya mereka yang ingin kerja setelah lulus nanti, mereka dapat melihat posisi apa yang terbaik baginya, demikian juga bagi perusahaan dengan kegiatan ini akan mampu menyaring calon tenaga kerja sesuai kreteria yang mereka butuhkan, dan Job Matching yang digelar secara rutin tiap tahun ini, diharapkan akan lebih diperbanyak, sehingga kesempatan kerja para lulusan SMK akan semakin besar, pinta H Agus Suradika.


Hal senada juga diungkapkan Kepala Pusat Pelatihan Pendidikan Kejuruan Jakarta Utara Drs.Mustafa Kemal, MM bahwa Job Matching kali ini diikuti oleh 36 Perusahaan serta 4 Perguruan Tinggi dan 2 SMK, diharapkan 3000 Siswa dapat mengunjungi acara yang digelar mulai tanggal 23 hingga 25 April 2013, dan diperkirakan 500 lowongan kerja akan terisi,sehingga akan dapat menekan pengangguran di DKI Jakarta ini.

Job Matching ini diakuinya adalah program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, kalau saat ini digelar Puslatdikjur Jakarta Utara, maka kedepan akan digelar secara bersama-sama dengan Puslatdikjur dari 5 wilayah Kota, yang akan digelar di Pekan Raya Jakarta, sehingga akan lebih banyak lagi Perusahaan yang berpartisipasi, ungkapnya.

Disela acara tersebut Kepala Puslatdikjur Jakarta Barat, Budiana saat dimintai tanggapan akan program ditahun 2013 ini menegaskan, bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak KADIN, dalam upaya menghimpun permintaan dunia usaha akan tenaga kerja yang trampil, kemudian akan diintegrasikan didalam kurikulum pendidikan dan pelatihan diseluruh Puslatdikjur, sehingga lulusan SMK akan mampu berkompetensi diera persaingan kerja yang ketet¸ seluruh lulusan SMK akan tersertifikasi dibidang pendidikan yang mereka pelajari,paparnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA