APPSINDO MINTA PEMERINTAH BATASI MINIMARKET

Indonesia sudah masuk pada perjanjian Masyarakat Ekonomi Asean, dimana pergerakan barang dan jasa serta investasi asing bidang retail tidak lagi bisa dibendung, dimana produk negara Asean akan membanjiri pasar swalayan bahkan pasar tradisional di beberapa daerah, namun jika tidak ada keseriusan pemerintah dalam membantu pedagang tradisional, maka para pedagang pasar akan gulung tikar alias bangkrut, hal tersebut diungkapkan Ketua DPW APPSINDO DKI, Supriyanto SE, MM disela acara Seminar dan Pengukuhan Pengurus DPW APPSINDO DKI di Gedung Juang 45 Jakarta.

Lebih jauh Supriyanto menegaskan, bahwa pihaknya akan terus berupaya mencarikan solusi bagi para pedagang pasar, baik sektor permodalan maupun lokasi berdagang, saat ini penyalurah Kredit Usaha Rakyat yang di programkan Presiden Jokowi belum terlihat membantu pedagang, karena program KUR tanpa Agunan seharusnya benar-benar diterapkan, tetapi pada kenyataannya  dengan jaminan saja susah, apalagi tidak dengan jaminan, oleh sebab itu APPSINDO DKI akan terus mendorong pihak Perbankkan dan Dinas Koperasi, UMKM benar-benar menyalurkan ke pedagang.
Sementara masalah Mini Market, seharusnya Pemda DKI bisa membatasi jumlahnya, dan tidak asal memberikan ijin, saat ini sudah masuk ke kampung dan berdekatan, sehingga  akan mematikan pasar tradisional, pintanya.

Hal yang sama diungkapkan  Ketua Umum APPSINDO, H Hasan Basri, SH, MH, bahwa pedagang pasar serta Pelaku UKM lainnya, telah menyelamatkan bangsa ini dari krisis pada tahun 1998 lalu, dimana salahsatu sektor ekonomi yang tetap bertahan saat krisis adalah sektor UKM dan Pedagang Pasar, namun kita prihatin saat ini masuk barang impor serta pedagang pasar yang menyerobot lahan pedagang pasar maupun UKM, banyak berdiri Mall yang berdekatan dengan Pasar Tradisional, banyak tumbuh Mini market milik investor besar yang berjualang eceran ditengah pemukiman warga, sehingga pedagang kecil harus bersaing dengan mini market, ini jelas tidak berpihak pada ekonomi masyarakat.

Bangsa ini telah masuk pada Pasar Bebas Asean, dan sebentar lagi pasar bebas dengan China, ini jelas-jelas akan mematikan pengusaha kecil, karena tidak akan mampu bersaing dengan produk negara Asean dan dari China. Oleh sebab itu kita berharap Pemerintah akan memberikan pembinaan serta pelatihan pada para pedagang, tegas H Hasan Basri. (Pry ).

 

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA