BNPT Gelar Rakornas Bangun Kebersamaan Progran Deradikalisaai,

Minimnya jumlah personil maupun anggaran pada Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), bertempat di Hotel Golden Beutiqe Jakarta, BNPT menggelar Rapat Koordinasi bersama jajaran Kepolisian RI, TNI, Kemenkumham serta Pemerintah Daerah seluruh Indonesia, salahsatu agenda adalah untuk bersama-sama mengatasi masalah Tetorisme khususnya dalam program Deradikalisasi Napi Kasus terorisme di Indonesia. 

Kepala BNPT Komjenpol Drs. S Usman Nasution, SH.MH menegaskan, bahwa saat ini masih banyak pelaku teror yang sudah kembali ke masyarakat, dan akan banyak lagi kelimpok radikal yang akan keluar dari binaan lembaga pemasyarakatan/Rutan. Mereka akan kembali ke rumah masing-masing dan tersebar di beberapa daerah di Indonesia, sehingga perlu upaya pendekatan maupun upaya pembinaan agar mereka tidak lagi melakukan aksi teror di masyarakat, ini butuh upaya secara bersama-sama. 

Masalah lain adalah bagaimana para terpidana kasus terorisme, yang saat ini masih berada di binaan lapas di beberapa daerah, bagaimana mereka bisa sadar dan tidak radikal lagi, demikian juga agar mereka tidak menyebarkan ajaran radikal pada warga binaan yang lain, kita ingin ada tim yang dibentuk secara bersama-sama untuk melakukan pendekatan pada mereka yang masih di lapas, kita ingin seluruh komponen bangsa ini untuk bersama-sama mengatasi masalah terorisme di Indonesia, harapnya.
Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly juga menegaskan, bahwa pihaknya juga akan terus melakukan pembenahan dalam upaya Deradikalisasi bagi warga binaan kasus terorisme yang saat ini menghuni di beberapa lapas, karena para napi ibarat orang sakit yang harus disembuhkan,dan Napi terorisme memang perlu mendapatkan perlakukan yang berbeda dengan kasus lain, dan pihaknya berharap agar

Pihak BNPT terus bekerjasama untuk berpartisipasi memberikan dukungan program deradikalisasi di lapas-lapas, paparnya. (Nrl).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA