HUT Ke 69 Pomal, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi Terima Warga Kehormatan

Bertempat di Markas Komando (Mako) Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal), Jl. Boulevard BGR-9, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (20/2). Ditengah Upacara Militer dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-69 Korps Baret Biru Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal), Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., diangkat sebagai warga kehormatan Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal).

Pengangkatan Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., sebagai warga kehormatan Pomal dilakukan oleh Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal) Brigjen TNI (Mar) Gunung Heru TWJ, S.H., ditandai dengan pemakaian baret biru dan penyematan lencana Pomal, sebagai ciri khas penegak hukum di lingkungan Angkatan Laut.

Dalam sambutannya Kasal mengatakan, “Pemakaian Baret Biru dan penyematan lencana Pomal tersebut merupakan salah satu tradisi Pomal sekaligus puncak prosesi pengangkatan seseorang sebagai warga kehormatan Pomal guna memperkokoh, menumbuhkembangkan jiwa korsa, kebanggaan, kecintaan, dan ikatan bagi Korps Pomal dalam meningkatkan semangat juang serta pengabdian kepada TNI Angkatan Laut, TNI, bangsa, dan negara.”

Pada kesempatan tersebut Kasal juga menambahkan, prosesi pengangkatan sebagai warga kehormatan Pomal merupakan wujud penghargaan kepada pembina tertinggi Kepolisian Militer di jajaran TNI Angkatan Laut. “Pengangkatan sebagai warga kehormatan Pomal ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri sekaligus memberi implikasi pada tanggung jawab yang sangat besar untuk menjaga citra dan upaya dalam meningkatkan kemampuan personel di jajaran Korps Polisi Militer Angkatan Laut,” tambahnya.


Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E juga menambahkan, bahwa  Peringatan hari ulang tahun ke-69 Pomal, merupakan momentum untuk melakukan introspeksi dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas selama ini, dengan harapan ke depan akan diperoleh hasil yang lebih baik sebagai penegak hukum, disiplin dan tata tertib di lingkungan TNI Angkatan Laut. Sehingga kedepan Pomal dapat terus menunjukan eksistensinya dan mampu melaksanakan fungsinya sesuai dengan hukum, undang-undang serta peraturan yang berlaku. Untuk itu dibutuhkan prajurit Pomal yang berdedikasi, memiliki kredibilitas serta profesional dalam melaksanakan tugas,” ujar Kasal.

“Mengacu pada semboyan Pomal yakni “Wijna Wira Widhayaka” yang artinya penegak aturan yang berwatak ksatria, arif, dan bijaksana, mengartikan Prajurit Pomal agar tetap profesional dan tidak diskriminasi dalam melaksanakan fungsi, wewenang, tugas dan tanggung jawabnya. Semboyan tersebut harus dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam melaksanakan tugas,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., juga meresmikan rumah tahanan militer yang berada di dalam lingkungan komplek Mako Puspomal. Rumah Tahanan Militer (RTM) yang berada di dalam lingkungan Komplek Mako Puspomal Jl. Boulevard BGR-9, Kelapa Gading, Jakarta Utara dibangun di atas tanah seluas 3.920 meter, dengan luas bangunan 70 m x 56 m, dengan fasilitas yang tersedia terdiri dari 11 ruangan kantor staf tahanan militer, 4 kamar sel bagi strata perwira, 2 kamar sel bagi prajurit wanita (Kowal), 4 kamar sel bagi strata anggota Bintara/Tamtama, 1 ruangan makan, 1 ruangan mushola, 1 ruangan isolasi, 2 ruangan sel khusus, 1 ruangan gudang, 1 ruangan dapur, 1 ruangan pengawas CCTV, 4 menara pengawas, dan sarana olahraga. “Dengan diresmikannya instalasi rumah tahanan militer TNI Angkatan Laut ini, diharapkan ke depan personel TNI Angkatan Laut yang tersangkut kasus, penahanan dan pembinaannya dapat diselenggarakan oleh Polisi militer TNI Angkatan Laut dan tidak lagi harus dititipkan di rumah tahan militer tempat lain,” ujar  Laksamana Ade Supandi. 



Sebelumnya, berbagai kegiatan telah digelar dalam rangka menyambut HUT ke-69 tersebut, diantaranya operasi penegakan hukum, disiplin, dan tata tertib, serta kegiatan donor darah. Selain itu, diselenggarakan pula olahraga bersama gerak jalan, lomba menembak pistol yang diikuti perwakilan Kotama TNI AL wilayah barat, Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Puspomad), dan Pusat Polisi Militer Angkatan Udara (Puspomau).


0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA