Relawan PMI Kota Jakarta Timur Evakuasi Warga Yang Terjebak Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak kemarin malam menyebabkan air sungai Ciliwung dan Kali Sunter dan serta selokan meluap dan membanjiri mulai dari 40cm hingga mencapai 3 meter yang tersebar di beberapa wilayah diantaranya Kelurahan Kp. Melayu, Kel. Cipinang Muara,Kel. Cipinag Melayu, Kel.Duren Sawit ,Kel.  Cakung Timur dan Kel. Cakung Barat, serta menyebabkan warga mengungsi di beberapa titik pengungsian.

Untuk mengantisipasi hal ini sejak semalam PMI Kota Jakarta Timur telah siaga dengan menyiapkan Tim Evakuasi yang terdiri dari 30 orang Relawan PMI Kota Jakarta Timur, dan 10 orang staff serta  menyiapkan 1 unit perahu karet bermotor, 4 unit rakit serta 3 unit ambulan standby 24 jam di Markas PMI Kota Jakarta Timur.

Sejak siang tadi hingga malam ini  Relawan PMI Kota Jakarta Timur fokus untuk membantu evakuasi warga di wilayah RT 10 RW 5 Kel. Rawaterate Kecamatan Cakung. Sekitar 12 orang relawan PMI Kota Jakarta Timur satu unit perahu karet bermotor, satu unit rakit dan satu unit ambulan serta 1 unit truk engkel meluncur memberikan bantuan evakuasi warga yang terjebak. Lebih dari 50 orang berhasil di evakuasi dari rumah warga menuju posko pengungsian namun beberapa warga ada yang tetap bertahan di rumahnya masing-masing.

Tim Evakuasi PMI Kota Jakarta Timur bertemu dan mengevakuasi Wakil Walikota Jakarta Timur beserta Lurah Kel. Rawaterate yang sedang meninjau lokasi banjir. Hingga berita ini ditulis relawan PMI masih membantu mengevakuasi warga.



Selain evakuasi, beberapa Kelurahan sudah mengirimkan laporan permintaan bantuan kepada PMI Kota Jakarta Timur . Untuk hari ini Senin 9 Februari 2015, PMI Kota Jakarta Timur telah mendistribusikan @10 Dus Mie Instan dan tikar sebanyak 20 buah ke Kel. Cakung Timur, Kel. Klender dan Kel. Pulogebang. Sementara untuk sarapan pagi besok Selasa, 10 Februari 2015 PMI Kota Jakarta Timur siap mendistribusikan 6.000 bungkusRoti manis ke beberapa titik pengungsian warga diantaranya yaitu Kel. Kp. Melayu: 1.000 bungkus (bks), Kel. Bidara Cina : 500 bks, Kel. Cawang : 500 bks, Kel. Cicilitan :500 bks, Kel. Pd. Bambu : 300 bks, Kel. Cipinang Melayu : 750 bks, Kel. Cakung Timur : 350 bks, Kel. Cakung Barat : 300 bks, Kel. Rawa Terate : 300 bks Kel. Kayu Putih: 300 bks, Kel. Rawamangun : 300 bks,Kel. Pinang Ranti : 300 bks, Kel. Cipinang Muara : 300 bks, dan Kel. Klender : 300 pcs.

Ketua PMI Kota Jakarta Timur / H. Kusnoto menjelaskan bahwa“PMI Kota Jakarta Timur akan selalu tanggap dan peduli dalam memberikan pelayanan kepada korban banjir. Kami telah mengerahkan segala upaya baik secara materil maupun personil untuk mengakomodir kebutuhan pengungsi. Kami bagi dua tim relawan yaitu Tim Evakuasi dan Tim Dapur Umum serta Logistik. Untuk beberapa kelurahan kami berikan bahan Natura agar mereka bisa masak di poskonya masing-masing” ujar H. Kusnoto.

PMI Kota Jakarta Timur menerima dan menyalurkan bantuan dari masyarakat luas berupadana, Natura (Bahan Makanan) seperti Beras, Mie instan, Kecap, Minyak Goreng, selimut, perlengkapan kebersihandan air mineral, tidak berupa pakaian layak pakai. Bagi masyarakat yang ingin membantu bisa menghubungi beberapa kontak dibawah ini atau  datang langsung ke Markas PMI Kota Jakarta Timur di Jln. I. Gusti Ngurah Rai No. 77.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA