Meneg Tutup MHQH Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Suud, Tingkat ASEAN dan Pasifik

Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadits (MHQH) Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Suud tingkat ASEAN dan Pasifik ke-6 Tahun 2015, yang digelar tanggal 24 – 26 Maret 2015, secara resmi ditutup, acara penutupan MHQH oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin tersebut sebelumnya juga diisi dengan silaturahmi dengan Wapres Jusuf Kalla bersama seluruh peserta MHQH.

Berikut para juara MHQH ASEAN, Pasifik, dan Asia Tengah VI: Pertama, kategori hafalan 30 juz, dimenangkan oleh Abdurrahim Syamsuri (Indonesia), disusul Thalhah A Alimudin (Filipina), dan Jajang Hasanuddin (Indonesia). Kedua, kategori hafalan 20 juz, dimenangkan oleh M Rifki (Indonesia), disusul M Nazir Abd Fatah dan Shalaluddin (keduanya dari Filipina).

Ketiga, kategori hafalan 15 juz, dimenangkan Jundi Abdurrahim (Indonesia), disusul Tari Surya Putra (Indonesia), dan Mihammidin Abdul Basith (Thailand). Keempat, kategori hafalan 10 juz, dimenangkan Sholah Balangan A Ghani (Filipina), disusul Asgari Manalukar (Filipina), dan Husen Samuh (Thailand).

Untuk lomba hafalan Hadits, pemenang seluruhnya berasal dari Indonesia. Mereka adalah Abdullah Muhammad, Syarifuddin, dan Noval Hisyam.

Kepada para pemenang, panitia MHQH  telah menyiapkan hadiah berupa uang tunai, misalnya sebesar 16 ribu real untuk juara 1.  Selain itu, apresiasi berupa kesempatan beribadah haji untuk seluruh pemenang.

Dalam sambutannya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertempat di Aula Hotel Ritz Carton Jakarta, mengucapkan terimakasih pada Pemerintah Saudi Arabia yang telah memberikan kepercayaan pada Pemerintah Indonesia untuk melaksanakan kegiatan Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadits, Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Suud tingkat ASEAN dan Pasifik, penghargaan setinggi-tingginya juga diberikan pada Kantor Atase Agama Kedutaan Besar Saudi Arabia, maupun pimpinan Masjid Istiqlal yang telah turut mensukseskan MHQH ini.

Menurut H Lukman Hakim Saifuddin, kegiatan Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadits Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Suud tingkat ASEAN dan Pasifik ini sebagai bukti kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Saudi Arabia yang sudah terjalin berabad-abad lamanya dengan landasar hukum Islam.

Sebagaimana kita ketahui melalui kegiatan hafalan Quran dan Hadits yang sangat bermanfaat menuju pintu gerbang kesadaran umat untuk mendalami esensi dan makna kandungan Al-Quran dan Hadits sebagai sumber ajaran Islam dan petunjuk dalam menuntuk kehidupan setiap muslim, paparnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA