MHQH Tingkat ASEAN dan Pasifik, Tingkatkan Syiar dan Ukhuwan Islamiyah

Bertempat di Aula Masjid Istiqlal Jakarta, Selasa (24/3) hingga Kamis (26/3), 82 peserta dari 13 negara dari ASEAN dan Pasifik, unjuk kebolehan dalam Musabaqah Hafalan Al-Quran dan Hadits (MHQH) Pangeran Sultan Bin Abdul ‘Aziz Alu Su’ud tingkat Asean, Pasifik dan Asia Tengah, dan acara tersebut dibuka secara resmi oleh Duta Besar Arab Saudi di Indonesia dan rencana akan ditutup oleh Presiden RI, H Joko Widodo di Istana Presiden.

Disela acara tersebut, Ketua panitia MHQH, Dr Shobah Surur Syamsi, pada wartawan menjelaskan, bahwa dalam lomba Hafalan Al-Quran dan Hadits ini, merupakan tindak lanjut lomba MHQH Tingkat Nasional yang digelar beberapa waktu lalu, dimana pemenang tingkat nasional, juara 1,2 dan 3 disertakan dalam Musabaqah Hafalan Al-Quran dan Hadits tingkat Asean, Pasifik dan beberapa Negara Asia Tengah. Dimana untuk MHQH tingkat nasional merupakan kegiatan yang ke 7, sementara untuk tingkat Asia Tenggara, Pasifik dan Asia Tengah merupakan kegiatan lomba ke 6, yang melombakan 5 cabang hafalan, yaitu Hafalan Al-Quran 30 Juz, 20 Juz, 15 Juz dan 10 Juz, dan hafalan Hadits para pemenang akan memperoleh hadiah uang real serta akan diberangkatkan haji serta menjadi tamu kehormatan kerajaan Saudi Arabia, tegasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua Yayasan Sosial Pangeran  Sultan Bin Abdul ‘Aziz Alu Su’ud, Syech Salih I Alkholaifi, bahwa peserta MHQH ini sebenarnya ada 18 negara yang diundang, dan Alhamdulillah yang bisa hadir 13 negara. Jumlah peserta yang hadir ada 82 peserta, mereka dari Negara Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Philipina, Thailand, Myammar, Kamboja, Kazakhstan, Tajikistan, Kyrgyz, Australia dan New Zealand serta tuan rumah Indonesia. untuk juara 1 akan memperoleh hadiah  sebesar 16 ribu real atau sekitar Rp 48 juta dan Ibadah Haji dan juara 2 dan 3 menurun sedikit, namun semua pemenang di ikutkan dalam ibadah Haji” tambahnya.

Sementara Duta Besar Arab Saudi Mustofa Mubarak juga menambahkan, bahwa lomba musabaqah hafalan Al Quran dan Hadits ini akan dapat meningkatkan hubungan antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Arab Saudi, MHQH ini digelar juga sebagai upaya untuk  meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap pemahaman Al Quran dan Hadits, serta mampu menjadi contoh bahwa masa muda juga bisa diisi dengan hal-hal positif, disamping itu dengan kegiatan yang diikuti dari beberapa Negara, maka para peserta akan dapat membangun tali silaturahmi, saling mengenal satu sama lain antar Negara.

Menurut Dubes, musabaqah ini menunjukan kerjasama Indonesia dengan Arab Saudi semakin erat khususnya dalam pengembangan dakwah Islam. “Kegiatan ini juga memberi semangat kepada peserta dan masyarakat dalam menggiatkan Al Quran, melalui kegiatan ini para peserta semakin bersemangat untuk terus meningkatkan kemampuan mereka. Selain itu, melalui kegiatan ini, kerjasama antar negara-negara juga dapat ditingkatkan” kata Mustafa.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA