UIA Gelar Wisuda, Bangun Kerjasama Ormas Betawi

Wajah ceria dan penuh haru terpancar pada para wisudawan Universitas Islam As-Syafi'iyah (UIA) yang mengikuti acara Wisuda di Gedung Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah (TMII), bahkan keluarga yang turut mendampingi terlihat bangga, karena mahasiswa yang sudah menyelesaikan tugas akademik di UIA tersebut, akan segera kembali ke masyarakat untuk mengabdikan diri turut membangun bangsa dan Negara.

Disela acara wisuda, Universitas Islam As-Syafi'iyah juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MOU) dengan Forum Komunikasi Anak Betawi (FORKABI), yang diwakili H. Nachrowi Ramli (Dewan Tertinggi Forkabi) dan Drs. H. Murdhani MH (Ketua Umum Forkabi), dimana UIA akan memberikan kesempatan pada FORKABI untuk mengirimkan anggotanya mengikuti program beasiswa (kuliah gratis) di UIA.

Dalam pidato Sidang Senat Terbuka, Rektor UIA Prof. Dr. Hj. Tutty Alawiyah AS, MA menegaskan, bahwa pada era baru sekarang ini, setiap perguruan tinggi dituntut untuk melakukan berbagai pembaharuan dan penguatan dalam rangka menjawab kebutuhan dan tantangan zaman.


Bila merujuk pada hasil survey Internasional Price Waterhouse Cooper (PwC) tentang perubahan dunia kerja, maka ditemukan beberapa faktor yang akan menjadi penentu trend perubahan dunia kerja pada masa yang akan datang, yaitu (1) Terobosan dalam bidang teknologi, (2) Kelangkaan sumber daya dan perubahan iklim, (3) Pergeseran kekuatan ekonomi global (dari barat ke timur), (4) Pergeseran demografis dan percepatan angka urbanisasi.

"Temuan ini sudah barang tentu, menghendaki agar penyelenggaraan pendidikan tinggi dilakukan secara kreatif, inovatif, dan inspiratif. Pada abad baru ini, selain peluang dan kesempatan, perguruan tinggi juga menghadapi tantangan yang sudah di depan mata adalah akan segera diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean atau populer dengan sebutan MEA pada Desember tahun ini," papar Rektor UIA yang juga pendiri Pendidikan Tinggi As-Syafi'iyah.

Tantantangan berikutnya, demikian Hj. Tutty Alawiyah AS, adalah bahwa sekarang ini perguruan tinggi tidak lagi menjadi agen dan pemain tunggal dalam penciptaan ilmu pengetahuan (knowledge creation). Globalisasi yang berbasis Iptek menimbulkan sumber-sumber pembelajaran baru yang sangat luas di masyarakat melalui internet. "Sekarang telah hadir apa yang dinamakan Corporate University," tambahnya.

Memperkuat sarana dan prasarana, termasuk pengembangan kampus. "Perlu saya sampaikan, bahwa telah dilakukan peletakkan batu pertama Kampus II UIA yang berlokasi di Jatiwaringin, kemudian Kampus III UIA di atas tanah seluas 20 hektar di daerah Sentul Bogor, Jawa Barat. Sementara Kampus IV UIA telah selesai dibangun di daerah Jati Makmur Bekasi, Jawa Barat yang telah diresmikan oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Syaifuddin yang juga Alumni UIA. Semua ikhtiar yang baik dan tulus ini akan membawa berkah dan kemajuan bagi UIA, karena seperti telah menjadi keyakinan ayahanda K.H. Abdullah Syafi'ie, bahwa semua perjuangan yang dilakukan secara tulus akan tumbuh dan berkembang," ujar Hj. Tutty Alawiyah AS.

Sementara disela acara tersebut, Tokoh Betawi yang juga Dewan Tertinggi Forkabi, H.Nachrowi Ramli pada wartawan menjelaskan, bahwa Bamus Betawi maupun FORKABI menyambut baik pimpinan UIA, Prof Hj Tutty Alawiyah AS serta Prof H Dailami Firmaus, yang telah memberikan kesempatan pada anak-anak Betawi khususnya dari FORKABI untuk kuliah di UIA.

Diakuinya ini merupakan langkah yang sangat baik, sebab untuk menyiapkan sumber daya manusia itu tidak mudah, dan modal utama bagi kehidupan bangsa juga organisasi adalah SDM, jadi kalau sumber daya manusia disekolahin, dapat ilmu, maka kedepan bangsa ini juga akan lebih baik, oleh sebab itu FOKABI bersama UIA ingin menyiapkan kader-kader untuk kedepan dapat mengisi pembangunan bangsa, khususnya di Ibukota Jakarta ini, dan kita bersyukur Senator yang juga Putra Betawi Prof H Dailami Firdaus telah menyiapkan biaya untuk memberikan kesempatan kuliah, dan Forkabi akan menyiapkan orang-orangnya, Dailami Furdaus adalah Calon Pemimpin masa depan yang harus kita siapkan, tegas H Nachrowi yang juga Ketua Majelis Tinggi Bamus Betawi

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA