UIA dan Pesantren Khusus Yatim,Terima Kunjungan Menlu Sierra Leone, DR. Samura Kamara

Rektor Universitas Islam As-Syafi'iyah, Prof. Dr. Hj. Tutty Alawiyah AS, MA menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Sierra Leone, Dr. Samura Kamara mewakili Presiden Ernest Bai Karoma yang saat bersamaan memberikan Kuliah Umum di Perguruan Tinggi lain. Kedatangan Menlu Samura Kamara didampingi jajarannya itu juga memberikan Studium Generale dan sepakat kerjasama (MoU).

Dalam paparannya, Dr Samura Kamara menegaskan, bahwa Indonesia sama dengan Sierra Leone, yaitu Negara dengan penduduk mayoritas Muslim yaitu sekitar 60%, dan masyarakatnya hidup berdampingan saling menghargai penganut agama satu dengan yang lain, bahkan setiap kegiatan umat Islam, umat agama lain turut membantu, demikian juga sebaliknya, karena Islam adalah agama Rahmatan Lil Alamin, agama yang membawa rahmat bagi semua manusia, paparnya.

Dr. Samura Kamara memberikan Studium Generale dengan thema "Peace and Tolerance Culture is The Strong Foundation to Succed The Agenda Prosperity in Sierra Leone". Negara dari belahan Benua Afrika itu, selain memiliki potensi pada bidang ekonomi, masyarakat Sierra Leone terkenal menjunjung tinggi budaya toleransi dan perdamaian terkait dengan soal perbedaan agama serta kesukuan.

Negara dengan ibukota Freetown itu merupakan salah satu negara dengan perkembangan ekonomi paling stabil di Benua Afrika. Sierra Leone sebagai negara tujuan investasi yang mempunyai prospek dengan berbagai kekayaan sumber daya alamnya, terakhir dalam pelaksanaan sensus tahun 2008 diperkirakan ada 4.059.000 Muslim di Sierra Leone.

Hal ini menunjukkan 71 persen dari total populasi negara itu adalah muslim, ada 18 kelompok etnis di negara Sierra Leone, dua suku yang terbesar adalah Temme dan Mende. Temne adalah suku utama di utara dan mayoritas Muslim. Setidaknya 9 dari 16 kelompok etnis Sierra Leone mayoritas Muslim. Bahkan tersiar berita di Indonesia (sumber kompasiana), bahwa pada tahun 2014, Sierra Leone melarang perayaan Natal dan Tahun Baru. Presiden Ernest Bai Karoma memerintahkan para serdadu bersiaga di jalan-jalan selama masa perayaan guna memastikan warga tetap berada di rumah masing-masing.

Sementara disela acara tersebut, Rektor Universitas Islam As-Syafi’iyah yang juga Pimpinan Yayasan As-Syafi’iyah Jakarta, Prof. Dr Hj Tutty Alawiyan AS, MA pada wartawan menegaskan, bahwa kunjungan Menteri luarnegeri Sierra Leone, Dr. Samura Kamara ini merupakan kehormatan bagi UIA, dan kita telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman untuk bersama-sama membanguk kerjasama dibidang Pendidikan dan Sosial.

Seperti Negara-negara lain yang sudah melakukan kerjasama dengan Universitas Islam As-Syafi’iyah, Negara tersebut akan mengirimkan mahasiswanya ke UIA, serta melakukan penelitian disini, kerjasama dengan Sierra Leona akan terus kita tingkatkan, apalagi Dr Samura Kamara sudah mengetahui kegaitan di As-Syafi’iyah, baik melihat Video kegiatan Majelis Taklim dan BKMT, menyaksikan langsung pendidikan di UIA serta datang ke Pesantren Khusus Yatim, paparnya.

Hj. Tutty Alawiyah AS mengucapkan selamat datang kepada Menlu Samura Kamara dengan para jajarannya dan sekaligus penyampaian selamat atas kunjungan Presiden Sierra Leone yang telah hadir pada Konferensia Asia Afrika. Dalam studium generale dan penandatanganan kerjasama (MoU) itu disaksikan seluruh civitas akademika UIA dan para staf Kementerian Luar Negeri Sierra Leone.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA