Pembuat Ijasah Palsu di Jalan Pramuka Sudah Ditangkap

Ketua Yayasan Adhy Niaga Adhy Firdaus mengaku sudah mengetahui bahwa polisi telah berhasil menangkap oknum pembuat ijazah palsu di Jalan Raya Pramuka, Matraman, Jakarta Timur. Adhy pun meminta hal itu tidak berdampak kepada kampusnya. "Jangan sampai kesalahan orang di Matraman, sejuta orang dihukum," ujarnya.

 Adhy Firdaus pun kaget, ketika ada tuduhan dugaan ijazah palsu di kampus miliknya, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Adhy Niaga, akan ditutup akibat dugaan praktik jual beli ijazah palsu ?

Adhy-pun menjamin praktik semacam itu tidak terjadi di kampusnya. Tiap mahasiswa yang berkuliah di tempat itu harus menjalani kegiatan perkuliahan terlebih dahulu untuk bisa mendapat ijazah sebagaimana atuaran yang berlaku.

Meski mengaku tidak terlibat, Adhy juga mengaku tidak mengetahui modus praktik semacam itu di dunia pendidikan. Dia memang sempat mendengar informasi dari teman-temannya bahwa praktik semacam itu bahkan sudah ada di iklan-iklan surat kabar. Akan tetapi, dia tidak mengetahui kebenaran iklan tersebut.

"Saya dapat kabar dari teman bahwa di koran aja banyak yang bikin iklan jual ijazah sarjana. Tapi kebenarannya enggak tahu. Begitu kita telepon, mungkin dia akan sebut bisa buat ijazah beberapa perguruan tinggi," ujar Adhy.

"Tapi saya lihat ini bukti kecil lah, bahwa Allah tunjukan memang ada oknum yang menerbitkan ijazah palsu dari beberapa perguruan tinggi," tambah Adhy.

Sebelumnya, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) telah melakukan inspeksi mendadak ke Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STEI) Adhy Niaga di Jalan Jenderal Sudirman, Bekasi, beberapa hari yang lalu. Sidak tersebut terkait dengan dugaan adanya ijasah palsu.

Kemenristek Dikti telah melaporkan Universitas Berkley yang bertempat di Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, ke Bareskrim Polri. Perguruan tinggi tersebut diduga memalsukan ijazah dan menyelenggarakan pendidikan yang tidak sesuai dengan peraturan perguruan tinggi.

Sementara itu, dua pria pembuat ijazah palsu telah ditangkap aparat Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Tersangka Bad (34) dan Kus (52) diciduk di kiosnya di kawasan Jalan Raya Pramuka, Matraman, Jakarta Timur.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA