Perkemahan SMA Notre Dame, Kukuhkan Pramuka Penegak

Pramuka Penegak merupakan golongan sekaligus sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka yang berusia antara 16 sampai dengan 20 tahun. Tingkatan golongan pramuka penegak ini merupakan penggolongan pramuka berdasarkan usia didik setelah pramuka siaga, dan siswa-siswi SMA Katolik Notre Dame Jakarta Barat, khususnya kelas 10 dikukuhkan sebagai Pramuka Penegak, setelah mengikuti Perkemahan Pramuka Penegak, dengan pendalaman materi-materi khusus Kepramukaan.

Menurut kepala SMA Notre Dame Edi Sri Widodo, Perkemahan Pramuka Penegak yang digelar merupakan amanat dari Undang-Undang Sistem Pendikan Nasional, yang menjadikan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler  wajib, dan Kepramukaan tersebut wajib diikuti oleh siswa kelas 10, sementara untuk Kelas 11 dan 12 hanyalah mereka  yang berminat mengikuti Ekstrakurikuler Kepramukaan.


Setelah mereka mengikuti kegiatan Perkemahan Pramuka Penegak ini, berarti mereka berhak menyandang sebagai Pramuka Penegak, dan Kami atas nama Gusus Depan SMA Notre Dame secara resmi mengukuhkan mereka menjadi Pramuka Penegak, sehingga perbuatan dan tingkah laku juga harus bisa mencerminkan sebagai seorang Pramuka, sebagaimana janji mereka yang tertuang dalam Dasadarma Pramuka dan Trisatya, tegasnya.


Lebih jauh Edi Sri Widodo menegaskan, bahwa perkemahan penegak ini sebagai upaya pembekalan bagi anak didik khususnys kelas 10 yang wajib mengikuti ekskul Pramuka, agar mereka dengan seragam Pramuka serta Merah Putih di leher untuk bertanggung jawab serta bukan sekedar seragam sekolah semata, namun Pramuka harus jadi contoh dan tauladan dilingkungan sekolah maupun masyarakat dimana mereka tinggal.

Diakuinya untuk saka Pramuka memang belum ada, namun pihaknya akan berkoordinasi dengan Kwarcab Jakbar untuk dapat mengembangkan saka-saka di kepramukaan pada Pramuka di Gugus Depan SMA Notre Dame ini.

Disamping itu nilai-nilai kepribadian, karakter serta kemandirian dalam Kepramukaan sangat dibituhkan bagi program pendidikan karakter sebagaimana yang sudah dicanangkan Pemerintah, oleh sebab itu meskipun siswa kelas 11 dan 12 tidak semuanya ikut pramuka, tapi pelajaran Pramuka kita ajarkan di kelas, tegas Edi Sri Widodo.


0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA