Safari Ramadhan, KASAL Santuni Anak Yatim dan Nelayan

Bila engkau ingin agar hati menjadi lembut dan damai dan Anda mencapai keinginanmu, sayangilah anak yatim, usaplah kepalanya, dan berilah dia makanan seperti yang engkau makan. Bila itu engkau lakukan, hatimu akan tenang.

Berbuat baik terhadap anak yatim/piatu bukanlah sekadar turut membantu menyelesaikan lapar dan dahaga sosialnya. Tetapi, di sisi lain perbuatan itu merasuk ke dalam batin, menenteramkan hati, dan mendamaikan perasaan orang yang memberi perhatian kepada mereka.

Hal tersebutlah yang kini terus ditanamkan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi SE dalam mengajak seluruh anggota TNI AL untuk senantiasa peduli pada anak yatim/piatu disekitar mereka tinggal, sebagaimana kegiatan Kasal dalam acara  Safari Ramadhan di Banten.dengan membagi-bagikan Sembako pada Anak Yatim/piatu serta para Nelayan. di Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI-Angkatan Laut (Lanal) Banten, di Merak Cilegon.
Pembagian santunan dan bingkisan tersebut dilakukan sesaat sebelum Kasal melakukan buka puasa bersama ratusan anak yatim dan nelayan serta seluruh Prajurit dan PNS di lingkungan Lanal Banten.

"Kami ke sini untuk melakukan Safari Ramadhan, tujuannya untuk bersilaturahim dengan jajaran di Lanal Banten serta meminta laporan langsung mengenai situasi keamanan di Banten khusunya menjelang Lebaran," kata Laksamana TNI Ade Supandi.

Ia mengatakan, selama ini Angkatan Laut juga secara rutin tiap tahun selalu membantu dalam rangka kelancaran arus mudik Lebaran, khususnya di wilayah penyeberangan Merak-Bakauheni dan sebaliknya, serta memantau pengamanan di laut selama arus mudik dan balik Lebaran.

"Jangan sampai di Laut ada kekosongan, makanya kita memantau situasi keamanan di laut dan juga mendapatkan laporan dari darat. Karena penyeberangan Jawa-Sumatera ini cukup padat," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Kasal didampingi sejumlah pejabat utama Mabesal dan diterima Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Judijanto. Hadir dalam kegiatan tersebut Plt Gubernur Banten Rano Karno, para Perwira Lanal Banten, serta segenap prajurit dan PNS Lanal Banten.

Kasal berharap, bulan Ramadhan agar dijadikan landasan untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta meningkatkan amalan-amalan sesuai dengan tuntunan dan ajaran agama Islam.

Ia juga berharap para prajurit TNI AL khususnya, bulan Ramadhan dijadikan landasan keikhlasan dalam menjalankan tugas-tugas sesuai dengan tugas tanggung jawab setiap prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut.

Menurutnya, maksud dan tujuan kunjungannya ke Lanal Banten, merupakan kunjungan selaku Kepala Staf Angkatan Laut ke Pangkalan-Pangkalan TNI Angkatan Laut, dalam rangka melihat secara langsung sejauh mana hasil pembinaan yang telah dilaksanakan selama ini.
Ade Supandi menambahkan, kunjungan tersebut juga dijadian kesempatan untuk menyampaikan kebijakan yang telah digariskan Pemimpin TNI Angkatan Laut kepada seluruh prajurit di jajaran Lanal Banten.
Kasal juga berjanji akan selalu memberikan 'reward' (penghargaan) kepada prajurit yang berprestasi dan 'punishment' (hukuman) bagi prajurit yang berbuat kesalahan agar menimbulkan efek jera dan efek pendidikan.

Selain itu, Kasal juga berjanji akan selalu memberikan kesempatan pendidikan kepada prajurit yang benar-benar memiliki dedikasi tinggi dan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif kepada organisasi.

Mengakhiri arahannya, Kasal meminta kepada segenap prajurit dan PNS Lanal Banten untuk senantiasa menjalankan tugas tanggung jawabnya secara profesional, penuh kesungguhan, dan menyadari bahwa apa yang kita kerjakan selalu berimplikasi terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, rekan kerja dan keluarga kita, untuk itu  semua pihak harus memahami prosedur dan keselamatan kerja, pinta Kasal.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA