Banjir di Kabupaten Pesisir Selatan, Kerugian 250M dan 4 Meninggal

Bertempat di Ruang Rapat BNPB, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho didampingi Direktur Tanggap Darurat BNPB Tri di Jakarta menegaskan, bahwa Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat kerugian banjir bandang yang menerjang wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mencapai Rp250 miliar. Kerugian terbesar akibat kerusakan rumah warga, fasilitas umum, jembatan dan jalan negara yang rusak berat.

BNPB juga mencatat 10 kecamatan atau 45 persen dari luas kabupaten Pesisir Selatan tergenang air dengan ketinggian antara 0,5 sampai 1,5 meter. Dan dilaporkan 4 warga merningak dunia, 2 orang dinyatakan hilang dan seorang cedera.

"Dari 10 kecamatan itu, dua kecamatan yang paling parah yakni kecamatan Lenggayang dan Sutera, sedangkan Batang Kapas, Ranah Pesisir, Linggo Sari Baganti, Pancung Soal, Bab Tapan, dan Lunang Silaut, juga mengalami kerusakan," ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho didampingi Direktur Tanggap Darurat BNPB Tri di Jakarta.

Banjir yang menerjang sejak tanggal 3 hingga 6 Nopember 2011 itu, mengakibatkan terjadinya pengungsi mencapai 52.315 orang. Saat ini pengungsi sekira 5.000 orang. Masih ada lokasi yang tergenang seperti di Kecamatan Lunang Silaut dan Pancung Soal. Aktivitas sekolah 18 ribu siswa lumpuh,” beber Sutopo.

Selain itu 51 rumah hanyut, 21 rusak berat, 73 rusak sedang, 201 rumah rusak ringan, 10.219 rumah terendam air.

Sutopo juga menyebutkan puluhan fasilitas umum rusak yakni sembilan bangunan sekolah rusak berat. 27 rumah ibadah rusak berat, 2 jembatan putus, dan 4 jembatan gantung putus, 750 meter jalan negara rusak, 700 hektare lahan palawija, dan 121 hektare sawah terendam banjir.

BNPB sudah memberikan bantuan di antaranya 32 ton beras, 400 dus mi instan, 100 dus air mineral, 13.000 minuman pengganti ASI, 20 ribu sachet oralit, 360 selimut. Juga memberikan bantuan dana siap pakai Rp500 juta untuk penanganan darurat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA