kan Kepedulian, Mensos dan Sekjen Berikan Hewan Qurban



Seusai  melaksanakan Sholat Idul Adha di halaman Kantor Kementrian sosial Jakarta beberapa waktu lalu, Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri didampingi Sekjen Kemensos Toto Utomo Budi Santoso melakukan silaturahmi dengan jajaran Kementrian Sosial, dan dilanjutkan penyerahan hewan qurban.

Dalam acara jumpa PERS Mensos berharap, dengan semangat Idul Qurban, akan meningkatkan kepedulian sesama, untuk mengatasi masalah kesenjangan sosial di Indonesia, dengan menjalankan ibadah qurban ini,  membuktikan kepedulian sosial yang sangat luhur dengan saling berbagi dan merasakan daging qurban yang dinikmati semua kalangan masyarakat. Dengan demikian, ibadah qurban membawa dampak positif bagi masyarakat yang benar-benar diaplikasikan dengan memotong hewan qurban yang dinikmati atau dirasakan terutama kaum fakir miskin.

disamping itu dilihat dari segi sosial humanis yang dapat dilihat dari pengolahan dan pendistribusian hewan qurban yang secara khusus diperuntukkan bagi mereka yang berhak (mustahiq). Dari segi sosial humanis ini, dapat menjadi bernilai tambah manakala disertai dengan rasa penuh ketakwaan kepada Allah SWT. Artinya, dengan melakukan ibadah qurban yang diniatkan semata hanya karena mengharap ridha Allah SWT melalui penyembelihan hewan qurban yang kemudian dibagi-bagikan kepada masyarakat, sehingga mampu mengaplikasikan solidaritas sosial.

Lebih jauh Salim Segaf mengaku, bahwa angka kemiskinan di Indonesia saat ini terus menurun, dari data yang ada, dari 200 juta penduduk Indonesia, jumlah warga miskin ada 30 juta jiwa, maka dengan jumlah tersebut, apabila ada 50 juta orang yang peduli, untuk terus membantu sesama. Maka angka kemiskinan akan dapat dihapuskan di Indonesia, ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Sekjen Kemensos Toto Utomo Budi Santoso, bahwa penanganan kemiskinan bukan menjadi tanggungjawab Pemerintah semata, tetapi juga tanggung jawab seluruh komponen masyarakat yang ada, oleh sebab itu diharapkan mereka yang memiliki rezeki berlebih, untuk dapat membantu sesama. Demikian juga dalam peringatan Idul Adha kali ini, diharapkan akan lebih banyak lagi mereka yang berkecukupan untuk dapat melakukan qurban, untuk membantu mereka yang kurang mampu.

Kepedulian tersebut juga diharapkan tidak berhenti setelah melakukan Qurban, tetapi akan dapat terus ditingkatkan di hari yang lain, sehingga angka kemiskinan serta permasalahan kesejahteraan sosial dapat teratasi bersama, paparnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA