Partisipasi BLK Jakarta Timur Dalam Jakarnaval 2012


Puncak Peringatan HUT Kota Jakarta yang ke 485, dengan  Pawai Jakarnaval 2012 berlangsung semarak, pada Minggu (10/6). Puluhan ribu warga memadati rute-rute yang dilalui kendaraan hias dan parade seni, yang melintas dari jalan Medan Merdeka Selatan, depan Gedung Balaikota Pemprov DKI Jakarta, menuju Jalan MH Thamrin dan berputar di Bundaran Hotel Indonesia.

Beberapa dari mereka ada yang terlihat berfoto dengan mobil yang berhias khas DKI Jakarta, mulai dari pita warna warni sampai ondel-ondel. Mobil-mobil tersebut berjalan perlahan sehingga masyarakat bisa berfoto bahkan mencari artis idolanya sebelum mobil hias berjalan, hal tersebut juga terlihat pada Mobil Hias dari Balai Latihan Kesenian (BLK) Jakarta Timur, yang menampilkan beberapa artis Ibukota seperti Riyanto, Edi Oglek serta Artis Betawi lainya yang sering terlihat dalam Layar Kaca Sinetro Islam KTP.

Peserta Mobil Hias dan peserta Atraksi Seni Budaya  dinilai oleh tim juri mobil hias dan juri penampilan terbaik artraksi Seni Budaya, acara ini juga menampilkan banyak hiburan Betawi seperti Gambang Kromong, Lenong Betawi, tarian-tarian, Band dan atraksi komunitas peserta Jakarta karnaval



Peserta  yang turut  berpartisipasi terdiri dari 148 unit motor (Harley Davidson, dll), 140 sepeda (Bike to Word Community, Sepeda Fixie Club, BMX Jakarta, KOBA, dll), 56 group arak-arakan seni budaya (Korea Cover Dance, Liong dan Barongsai, Perguruan Tinggi, Arak arakan Musik Tradisi Bali dan penganten adat Bali, Jelajah Budaya, Ikatan Abang None Jakarta,dll), 66 Unit mobil (PPMKI, ICCOC, Morris Club, Indonesian Bimmers, Predator Airsoft club, dll), 25 unit mobil hias (Instansi Pemerintah, Perusahaan Swasta.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengharapkan warga Jakarta semakin mencintai kotanya melalui acara Jakarnaval 2012. Para warga juga diharapkan mampu bersama-sama membangun kota yang tengah berulang tahun ke-485 ini. "Kegiatan ulang tahun ini diharapkan dapat menambah rasa cinta warga Jakarta terhadap kotanya. Kalau orang semakin cinta kotanya, Pemerintah Daerah lebih mudah mengajak mereka untuk berpartisipasi," ujar Gubernur yang juga dikenal dengan sebutan Bang Kumis.

Sementara disela acara tersebut, Kasie Pergelaran Balai Latihan Kesenian Kota Administrasi Jakarta Timur, Syaiful Amrie, saat ditemui wartawan disela acara tersebut juga menegaskan, bahwa penambilan BLK Jakarta Timur dalam Jakarnaval 2012 dengan Mobil Hias ini, merupakan kegiatan Pergelaran Partisipasi dalan Jakarnaval, untuk memeriahkan HUT Kota Jakarta yang ke 485, pihaknya sengaja menampilkan Musik Gambang Kromong dan Teater Betawi, adalah upaya untuk lebih memperkenalkan salahsatu budaya betawi pada masyarakat luas.

Sebagaimana Tema HUT Kota Jakarta ke 485 yang sudah dicanangkan oleh Gubernur yaitu “Jakartaku Harapanku”, BLK Jakarta Timur juga berpartisipasi bagaimana juga memberikan harapan pada sebuah budaya Betawi, dimana BLK Jaktim disamping melestarikan dan mengembangkan budaya Betawi, tetapi juga merevitalisasi Budaya Betawi, inilah sebuah harapan bagi para Seniman Betawi.

Untuk kendaraan Hias menampilkan Bangunan Pendopo Betawi, yang didalamnya terdapat musik Gambang Kromong dan Pemain Lenong Betawi, sebagai seniman kita juga ingin menegaskan, bahwa bermain Lenong diatas mobilpun kita bisa, ungkap Sutradra Komedi Betawi yang juga banyak menghiasi Sinetron layar kaca

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA