Ribuan Warga Jakarta Padati Festival Monas 2012


Kawasan Monas merupakan icon Pariwisata di Jakarta, apalagi pada malam hari keindahan Tugu Monas menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestic maupun manca negara untuk datang, oleh sebab itu tidaklah heran jika Festival Monas 2012 yang digelar  Pemerintah Kota Administrasi Pusat melalui Sudin Kebudayaan juga disaksikan oleh ribuan pengunjung Monas.

Atraksi sirkus jalanan yang menggambarkan dua sejoli sedang Jatuh Cinta, yang ditampilkan Atase Kebudayaan Perancis di Indonesia, juga memukau pengunjung, bahkan Gubernur DKI Jakarta H Fauzi Bowo juga memberikan apresiasi khusus pada dua orang yang menyajikan pergelaran tersebut.

Dalam aksinya sepasang seniman Perancis berjalan menuju panggung dengan menggunakan egrang dan mengenakan jaket penuh dengan bambu ukuran kecil berukuran 1 s/d 1.5 meter.
Walaupun jaketnya dipenuhi dengan bambu tidak menghalangi mereka untuk berpelukan karena kangen. Atraksi yang berdurasi 30 menit mendapat sambutan hangat dari penonton, dan mereka pada akhirnya melepaskan jaket yang dikenakan dan langsung berdansa.
           
Disamping itu Festival Monas yang digelar selama dua hari tersebut juga diisi dengan berbagai kesenian Daerah, khususnya Seni Budaya Betawi seperti Tanjidor, Ondel-ondel, Tari Betawi Kreasi Baru, Tari Topeng, Gambang Kromong, Marawis, serta Kesenian partisipasi dari Daerah lain, seperti NTB, Jawa Tengah dan Kesenian Sunda.

Dalam sambutanya Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan Festival Monas merupakan Pesta Rakyat yang menyajikan berbagai tarian budaya betawi, yang bertujuan untuk melestarikan budaya betawi. “Pesta Rakyat yang dibuat Pemerintah Kota Jakpus  dipersembahkan untuk rakyat,” jelasnya.

Fauzi Bowo yang juga didampingi Walikota Jakarta Pusat, Saefullah, menjelaskan sangat mengapresiasi kegiatan Festival Monas karena selain diisi dengan berbagai hiburan,  ada juga pameran 12 Museum maupun Bazar PKK yang diikuti oleh 8 kecamatan se Jakpus, bahkan ada empat provinsi yang ikut pameran diantaranya, Kalimantan Barat, NTB, Purwakarta dan Cirebon.

Jakarta kaya dengan budaya seni tradisional. Jika tidak dilestarikan melalui ajang festival budaya, dikhwatirkan budaya kita akan hilang satu persatu. “ Ini harus dipertahankan, jangan sampai orang jakarta tidak kenal dengan Budaya Betawi, tegas Bang Kumis.

Walikota Jakarta Pusat, Saefullah juga menambahkan, Festival monas akan berlangsung selama dua hari ( 9 s/d 10 Juni’ 12 ). Festival tersebut diramaikan Sonet Rock (Vicky Rhoma Irama), Gambang kromong, ondel-ondel, tarian tradisional, serta ikut negara sahabat Francis dengan menampilkan Sirkus Jalanan. Festival Monas juga diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi warga yang berkunjung di kawasan Taman Monas, mereka bisa berjoget bersama Sonet Rock dan menyaksikan berbagai hiburan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA