Pemkot Jakarta Pusat Meriahkan Lebaran Betawi

Lebaran Betawi, sebuah pergelaran atau dapat pula disebut pesta rakyat Betawi, kembali digelar di Lapangan Kelapa Gadung, Jakarta Utara, Hajat Bamus Betawi ini milik masyarakat betawi, seyogyanya kita membangakan dan memeriahkannya, dengan bebodong-bondong datang pada hari pelaksanaannya. Nuansa  tradisi masyarakat Betawi berlebaran tetap menjadi unggulan. Tradisi anteran dari yang muda kepada yang tua, tradisi cium tangan, tradsi kue-kue, dan beraneka jenis kesenian menjadi suguhan utama.

Kasudin Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat, , Drs Sunarto MM   disela acara tersebut pada wartawan menjelaskan, bahwa Kota Administrasi Jakarta Pusat tampil dengan  Konsep Penampilan Rumah Adat Betawi, baik rumah Walikota Joglo Betawi maupun rumah Kecamatan, selain itu juga ditampilkan kesenian daerah lain, termasuk anak jalanan,  binaan Sudin Kebudayaan Jakpus, namun demikian prioritas tetap penampilan seni budaya Betawi, paparnya.

Lebih jauh dijelaskan, bahwa untuk menghibur para pengunjung Stan Jakarta Pusat juga menyajikan aneka kesenian Betawi dan daerah lain, sajian kesenian bertajuk Festival Pernak-pernik Budaya Betawi, dengan aneka kesenian seperti Lenong, Tari Betawi Kreasi, Tari Topeng Betawi, Musik Gambus Rebana,Kesenian Komedi Betawi, Campur Sari Sinten Reman pimpinan Narto Jolowok serta kesenian lain, diharapkan akan menambah suasana lebaran betawi lebih meriah, tegas Sunarto.

Walikota Jakarta Pusat, H Saefulah mengaku bangga dengan kegiatan tahunan sebagai upaya pelestarian Budaya warga Jakarta, Lebaran Betawi dengan aneka kegiatan seni budaya ini akan mampu melestarikan dan mengembangkan budaya masyarakat Betawi khususnya dan budaya nusantara pada umumnya, karena Jakarta juga banyak tumbuh kesenian daerah lain, dan Pemerintah Daerah akan turut membina dan mengembangkannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA