PULUHAN PELAJAR ANTUSIAS KUNJUNGI KRI BANDA ACEH 593

PULUHAN PELAJAR ANTUSIAS KUNJUNGI KRI BANDA ACEH 593


Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang bersandar di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok, Jakarta Utara, menarik perhatian masyarakat umum khususnya para pelajar untuk melihat dari dekat.

Ini terlihat dengan seringnya rombongan anak-anak sekolah mulai dari anak TK sampai tingkat SMA, silih berganti memasuki Markas Komando Komando Lintas Laut Militer untuk mengunjungi kapal perang TNI Angkatan Laut yang merupakan hasil karya putra bangsa indonesia dari galangan kapal PT PAL Surabaya.

Kali ini 83 siswa sekolah dari SMA Negeri 15 Bekasi dan PAUD Cempaka Kemayoran berkunjung ke Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh 593 yang sandar di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa (14/2).

Kunjungan wisata edukasi ini merupakan salah satu tujuan dari pihak sekolah untuk memperkenalkan kepada para pelajar mengenal kapal perang milik TNI Angkatan Laut. Disamping itu Pihak sekolah juga memanfaatkan moment ini mengunjungi Kolinlamil yang mempunyai tugas pokok sebagai pembina tunggal (Anglamil) Angkutan Laut Militer ini untuk berwisata pendidikan di kapal perang.

Menurut Ketua rombongan SMA Negeri 15 Bekasi Dra. Nuraeni, kegiatan kunjungan ke kapal perang Kolinlamil ini dimaksudkan sebagai salah satu program field trip ke tempat-tempat yang bernilai sejarah  dan mengandung  nilai edukasi, maupun berwisata sebagai salah satu kegiatan sekolah dan menambah wawasan serta mengenalkan dunia kebaharian sejak dini.

Dalam kunjungan yang diwarnai suasana penuh keceriaan dari para pelajar dan guru ini, mereka diterima Perwira KRI Banda Aceh-593 Lettu Laut (P) Robby.

Pada kesempatan tersebut, KRI Banda Aceh 593 telah menyiapkan paket kegiatan, mulai dengan pengenalan secara umum tentang tugas TNI Angkatan Laut dan Kolinlamil,  garis besar kapal perang yang dikunjungi, yang meliputi tugas pokok, negara asal pembuat sampai dengan spesifikasi teknis kapal perang  bersangkutan yang disampaikan oleh perwira KRI.

Untuk menarik perhatian para siswa-siswi Sekolah Menengah Atas dan PAUD tersebut, awak kapal menampilkan film yang berisi rekaman kegiatan maupun profil yang berkaitan dengan kegiatan TNI Angkatan Laut dan Kolinlamil, serta kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan tugas-tugas TNI Angkatan Laut sebagai penegak kedaulatan dan hukum di perairan yurisdiksi nasional Indonesia.

Usai pemutaran dokumentasi, para siswa diajak berkeliling ke seluruh bagian kapal sambil menerima penjelasan dari personel KRI yang bertugas mendampingi  berkeliling  di kapal perang, mulai dari melihat berbagai jenis persenjataan, peralatan navigasi, peralatan komunikasi dan kelengkapan alat-alat Search and Rescue (SAR), serta fasilitas akomodasi. Saat para pelajar berkunjung  tersebut, mereka dipandu bintara kowal KRI Banda Aceh 593 Serda Bah Fira Triwardhani.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA