Gubernur Fauzi Bowo Lantik Brigade I JS Komite Sepeda Indonesia

 Bertempat di halaman Balai Kota,  Gubernur DKI Jakarta, H Fauzi Bowo secara resmi mengukuhkan komunitas pesepeda yang bertugas sebagai relawan bencana, yang tergabung dalam komunitas Brigade I Jakarta Selatan (I-JS) yang dibentuk atas kerja sama KSI dengan PMI DKI Jakarta. Dalam acara tersebut, Gubernur juga menyerahkan bantuan 10 sepeda, sebagai simbul dukungan pada pasukan pesepeda tanggap bencana.

Sepeda sebagai sarana transportasi yang mudah menjangkau ketempat yang sempit, diharapkan para Komunitas Brigade I ini, mampu membantu korban bencana hingga kelokasi yang susah dijangkau kendaraan besar, “Para pesepeda yang tergabung dalam Brigade I-JS nantinya akan lebih mudah menjangkau kawasan padat penduduk yang terkena musibah. 

Sebab, tak jarang petugas kesulitan untuk mengevakuasi warga yang berada di kawasan pemukiman padat terutama dalam hal penyaluran bantuan logistic, Saya perlu mengingatkan kondisi Jakarta dalam beberapa hari terakhir yang tengah dilanda curah hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Oleh karena itu, saya minta Brigade I-JS untuk waspada dan siaga menghadapi banjir dengan segala dampaknya, seperti DBD, diare serta memberikan bantuan di tempat-tempat penampungan serta proses evakuasi korban banjir,” pinta Bang Foke.

Ketua KSI, Syahrul Effendi pada wartawan juga menjelaskan, pembentukan pasukan pesepeda penanggulangan bencana, dimaksudkan membantu Pemprov DKI Jakarta dalam mengantisipasi dan penanggulangan bencana di ibu kota. Nantinya, ditambahkan Syahrul, pembentukan pasukan pesepeda ini tidak hanya dilakukan di Jakarta Selatan saja melainkan akan dibentuk pula di wilayah kota Jakarta lainnya. “Tahun ini, kami upayakan pembentukan brigade pesepeda tanggap bencana di lima wilayah DKI Jakarta,” katanya.

Sementara Ketua DPD Komite Sepeda Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Anas Efendi disela acara tersebut juga mengaku bahwa KSI telah banyak membantu korban bencana, seperti saat terjadi gempa di Jawa Barat dan Sumatera Barat, karena Brigade I adalah komunitas sosial, oleh sebab itu akan mengutamakan kegiatan sosial.

Saat ini dibentuk Brigade I Jakarta Selatan dan dalam waktu dekat akan dibentuk Brigade Jakarta Timur, Jakarta Barat, Utara serta Jakarta Pusat, sehingga perannya dalam membantu warga Jakarta dapat maksimal. Beberapa kegiatan lain juga terus dilakukan, mulai dari penanaman pohon, donor darah dan kegiatan kemanusiaan lainya, papra Anas Efendi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA